Pidato Bahasa Sunda (Biantara) Beserta Contoh Tentang Pendidikan, Perpisahan, Kebersihan, Kesehatan dan Lainnya

Pidato Bahasa Sunda – Pidato dalam bahasa sunda dinamakan Biantara. Sama halnya dengan pidato-pidato lainnya, pidato bahasa Sunda juga merupakan sebuah penyampaian gagasan atau pemikiran kepada banyak orang atau di depan umum.

Selain memberikan gagasan atau ide, pidato juga harus memiliki tujuan yang jelas, mau dibawa kemana arah pembicaraan, kita juga bisa memberikan gambaran mengenai suatu peristiwa yang cukup penting untuk dibahasa atau disampaikan.

Ketika kita berbicara di depan banyak orang tentunya harus ada tujuan yang jelas, untuk apa kita berbicara, jangan sampai orang yang mendengarkan merasa kurang jelas terhadap apa yang kita sampaikan kepada mereka. Paling minimal kita berbicara didepan sekitar 10 hingga 20 orang, karena jika terlalu sedikit yang dikhawatirkan informasi tidak tersebar secara merata.

Didalam praktiknya, banyak sekali bahasa yang bisa kita sampaikan dalam berpidato ini baik bahasa Indonesia atau bahasa daerah lainnya. Penerapan bahasa sendiri tergantung target audience kita itu siapa, tidak mungkin kan kita berpidato bahasa Inggris ketika ada penyuluhan di wilayah pedesaan.

Intinya bahasa yang disampaikan dalam berpidato adalah bahasa yang mudah dipahami oleh audience-nya hal ini bertujuan agar apa yang kita sampaikan bisa mereka terima dan dimengerti oleh pendengar.

Terkait penyampaian pidato dengan menggunakan bahasa daerah, kali ini maudisini akan membahas secara rinci serta memberikan berbagai macam contoh pidato bahasa Sunda. Pidato bahasa Sunda memang dikhususkan target pendengarnya adalah masyarakat yang berada di Tatar Sunda.

Pidato Bahasa Sunda atau Biantara Bahasa Sunda

pidato bahasa sunda
ucalgary.ca

Ada yang harus kita cermati ketika kita akan menyampaikan pidato pada khalayak umum, kita harus pandai membaca situasi dan kondisi dalam bahasa apa yang akan digunakan ketika menyampaikan pidato. Penyampaian bahasa yang tepat akan mempermudah warga untuk merima maksud dan tujuan dari isi pidato.

Di wilayah Jawa Barat khususnya bahasa yang pas untuk disampaikan adalah bahasa Sunda, pun jika akan menyampaikan pidato maka baiknya dengan menggunakan bahasa Sunda agar kesan kekeluargaan lebih terasa sekaligus bentuk melestarikan budaya Sunda di era globalisasi ini.

Sebelum kita berikan contoh pidato bahasa Sunda, mari kita telusuri lebih jauh lagi tentang pidato bahasa Sunda ini mulai dari pengertian pidato bahasa Sunda, struktur pidato bahasa Sunda serta hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam pidato bahasa Sunda.

Buat kamu yang berada di Domisili Jawa Tengah dan Jawa Timur, kamu juga bisa membelajari pidato bahasa Jawa yang mudah untuk dipahami.

Untuk pidato bahasa Sunda sendiri terdapat istilah lain yakni “Biantara Bahasa Sunda”. Jadi kamu jangan bingun jika pada artikel ini banyak menemukan istilah biantara bahasa Sunda, karena secara arti antara biantara bahasa Sunda atau pidato bahasa Sunda itu sama saja.

Banyak sekali tema atau topik yang bisa kamu angkat terkait pidato bahasa Sunda ini, biasanya tema yang diangkat ini sesuai dengan target audience atau dalam rangka memperingati hari besar. Contohnya saja tema yang biasa diangkat adalah pidato bahasa Sunda tentang acara 17 Agustusan, tentang kebersihan lingkungan, tentang Maulid Nabi.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Pidato Bahasa Sunda

pidato bahasa sunda
clearlice.com

Tidak setiap hari kita akan mendengar pidato bahasa Sunda atau bahkan jarang sekali kita mendengarkan pidato, biasanya pidato ini diadakan pada momen-momen acara resmi atau penyuluhan baik di sekolah atau di perkampungan warga.

Contohnya saja ada pihak dari Kedokteran setempat yang akan memberikan penyuluhan kepada warga sekitar terkait pentingnya menjaga kesehata di musim pancaroba atau pidato dari ketua RW setempat dalam memperingati Maulida Nabi Muhammad SAW

Maka dari itu, karena jarangnya pidato ini kita harus mempersiapkan dengan matang dan totalitas baik dari aspek isi atau pun cara penyampaiannya yang tepat. Pada biantara atau pidato bahasa Sunda ini juga terdapat hal-hal apa saja yang harus diperhatikan supaya pesan dapat diterima dengan jelas.

  1. Gunakan lah bahasa yang mudah dipahami, tidak mungkin kan kita menggunakan bahasa Sunda yang sangat halus ketika berpidato di depan anak SD. Selain itu perhatikan pula struktur dari pidato bahasa Sunda yang perlu kamu pahami dan praktikan.
  2. Memberikan salam pembukaan sebagai bentuk rasa hormat serta sopan kepada audience, kamu juga bisa menyisipkan basa-basi atau sedikit humor untuk mencairkan suasana supaya tidak terlalu tegang.
  3. Sampaikan garis besar dari pidato bahasa Sunda yang akan kamu sampaikan serta uraikan lah dengan lengkap dan jelas. Jelaskan secara rinci mulai dari pembukaan hingga akhir pidato terkait apa saja yang akan kamu sampaikan.
  4. Berikan kesimpulan terhadap apa yang telah kamu sampaikan
  5. Berikan saran-saran atau anjuran dari pidato bahasa Sunda yang telah disampaikan
Baca Juga  13+ Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Ada sedikit catatan ketika kamu memberikan pidato bahasa Sunda pada kalangan pedesaan, gunakanlah bahasa yang umum serta mudah dimengerti oleh mereka, jangan menggunakan bahasa yang terlalu tinggi, ditakutnya penduduk desa tidak paham terhadap arti dari kata-kata yang kamu sampaikan kepada mereka.

Maka dari itu untuk mempermudahnya, gunakanlah bahasa yang sederhana serta umum. Ketika kamu berpidato didepan orang dengan tingkat pendidikan tinggi, maka gunakanlah bahasa yang formal serta bahasa yang berkualitas.

Contoh Biantara Bahasa Sunda / Pidato Bahasa Sunda

pidato bahasa sunda
kata.co.id

Ketika kamu berada diatas panggung atau mimbar tempat untuk menyampaikan pidato, maka ada baiknya sebelum kamu naik panggung terlebih dahulu membuat catatan-catatan kecil yang berupak teks pidato atau naskah teks pidato.

Isilah naskah teks pidato tersebut berupa poin poin penting yang akan kamu sampaikan, tujuan dari catatan kecil ini
upaya pidato bahasa Sunda yang kamu sampaikan sesuai alurnya, tidak melenceng kemana-mana serta meminimalisisi kesalahan ketika kamu lupa materi.

Dibawah ini adalah contoh biantara bahasa Sunda atau pidato bahasa Sunda tentang kesehatan, kebersihan, lingkungan, perpisahan, acara 17 Agustu-an, perpisahan sekolah dan masih banyak lagi yang bisa kamu jadikan referensi.

Pidato Bahasa Sunda Tentang Kebersihan Sekolah

pidato bahasa sunda
rd.com

Contoh pidato bahasa sunda tentang kebersihan adalah tema yang sangat familiar dan cukup mudah sehingga kamu bisa menyampaikan biantara bahasa Sunda ini kepada siapa pun. Kebersihan lingkungan sendiri masih menjadi tugas besar bagi kita semua.

Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan menjadi pemicu terjadinya berbagai masalah baru seperti banjir, penyakit menular serta rusaknya fasilitas-fasilitas karena kurangnya perhatian.

Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa Sunda tentang kebersihan lingkungan sekolah yang bisa kamu jadikan referensi sebagai bentuk ajakan serta pengingat agar kita lebih peduli lagi terhadap lingkungan


Biantara Bahasa Sunda Tentang Kebersihan Sebagian dari Iman

pidato bahasa sunda
huffpost.com

Kebersihan itu harus dimulai dari diri sendiri. Jika hendak menghadap Allah dalam Shalat, kita diharuskan dalam keadaan suci dan bersih. Bersih diri, pakaian dan tempat. Aktifitas menjaga kebersihan diri diwajibkan dalam syariat.

Sebagaimana diungkapkan dalam Hadist Ath-thahuuru syatrul iiman yang artinya Bersuci/Thaharah itu sebagai dari iman. Suci (Thahir) adalah keadaan tanpa najis/hadas, baik besar maupun kecil pada badan, pakaian, tempat, air dan sebagainya

Kebersihan lingkungan erat kaitanya dengan masalah kesehatan. Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat. Kelalaian dalam menjaga kebersihan lingkungan merupakan awal dari mewabahnya berbagai penyakit.

Banyak wabah penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, sebagimana ajaran mulia yang menyetarakan membuang sampah dengan sedekah.

Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa sunda tentang kebersihan sebagian dari iman yang bisa kamu jadikan referensi


Biantara Bahasa Sunda Tentang Kebersihan untuk Kenyamanan Belajar

pidato bahasa sunda
h-cdn.co

Kondisini lingkungan yang bersih tentuny akan membuat kita melakukan aktivitas apa pun terasa lebih nyaman dan kondusif. Bayangkan saja jika kita harus belajar pada tempat yang kotor, pastinya akan merasa terganggung dengan suasanya yang bau dan tidak nyaman.

Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih, tujuannya adalah supaya kita lebih nyaman dan kondusif ketika kegiatan belajar mengajar. Lingkungan yang bersih pun pastinya akan mendukung kita tetap sehat dan kuat.

Dibawah ini adalah biantara bahasa sunda tentang kebersiha untuk kenyamanan belajar sebagai ajakan agar kita senantiasa menjaga kebersihan lingkungan


Pidato Bahasa Sunda Tentang Kebersihan yang Harus Tetap Dijaga

pidato bahasa sunda
rmncdn.com

Jika kita ingin sehat hal yang perlu diperhatikan selain menjaga kesehatan diri adalah menjaga kebersihan lingkungan. Dimulai dengan menjaga kebersihan rumah tempat tinggal dengan rajin membersihkan rumah dari debu, kotoran, maupun sampah.

Selain rumah, lingkungan tempat tinggal juga harus diperhatikan kebersihannya karena sumber penyakit bisa datang dari mana saja.

Dari kecil kita sudah diajari untuk menjaga kebersihan dengan semboyan kebersihan adalah sebagian dari iman. jika kita tidak memperhatikan kebersihan lingkungan akan banyak masalah yang timbul seperti banjir, diare, penyakit kulit, dan lain sebagainya.

Untuk mencegah itu semua banyak cara yang bisa kita lakukan seperti membuang sampah pada tempanya, memisahkan antara sampah organic dan anorganik dan masih banyak lagi.
Dibawah ini adalah contoh biantara bahasa Sunda tentang kebersihan lingkungan yang bisa kamu jadikan referensi


Biantara Bahasa Sunda Tentang Kebersihan Tanggung Jawa Bersama

pidato bahasa sunda
acecleaning.com.au

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, diharapkan bukan hanya keterlibatan pemerintah saja dalam menjaga kebersihan lingkungan melainkan juga warga masyarakatnya.

Maka dari itu, kita harus bahu membahu dalam mebersihkan lingkungan agar tetap bersih, sama halnya pada lingkungan sekola. Kebersihan bukan hanya tugas dari petugas kebersihan saja, semua murid dan warga sekolah pun harus ikut andil dalam membersihkan lingkungan.

Karena dampak yang terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan bukan hanya dirasakan oleh satu atau dua orang, melainkan seluruhnya juga akan tekena dampak, bahkan warga lingkungan disekitar pun mendapat dampak yang sama.

Ayolah kita bersama-sama dalam bahu-membahu menjaga kebersihan lingkungan ini, mulailah dari cakupan yang kecil seperti kebersihan rumah, kebersihan sekolah, tidak ada ruginya kita tetap menjaga kebersihan sekolah ini.

Dibawah ini adalah contoh biantara bahasa Sunda tentang kebersihan sekolah yang bisa kamu jadikan referensi.


Teks Pidato Bahasa Sunda Tentang Kasehatan Tubuh

pidato bahasa sunda
viral-buzzz.com

Di dunia ini tak ada serang pun yang mempunyai keinginan untuk sakit. Ketika kita dalam kondisi sakit, badan akan terasa sangat tidak nyaman. Menjaga kesehatan tubuh ialah salah satu hal penting yang harus selalu kita upayakan.
Jika tubuh kita dalam keadaan sakit, pastinya kita tidak akan bisa menikmati hari-hari kita dengan indah.

Semua akan terasa tidak nyaman. Tidur, duduk, makan pun tidak akan pernah terasa nyaman jika kita dalam keadaan sakit. Semua akan terasa salah ketika kesehatan tubuh kita dalam keadaan drop.

Kesehatan tubuh kita merupakan modal utama untuk menjalani hari dan meraih kesuksesan. Sebuah kesuksesan hidup akan terasa sia-sia jika kita meraihnya dalam keadaan sakit. Kesuksesan akan terasa lengkap jika kita dalam keadaan sehat dan kita bisa menikmati jerih payah kita selama ini.

Baca Juga  Letak Geografis Indonesia Pada Peta Dunia Secara Rinci dan Lengkap

Dibawah ini adalah teks pidato bahasa sunda tentang kesehatan tubuh yang bisa kamu jadikan referensi.


Teks Pidato Bahasa Sunda Tentang Kasehatan Jasmani & Rohani

pidato bahasa sunda
youtube.com

Kesehatan tubuh manusia ialah ketika kondisi tubuh bekerja secara sempurna. Bagaikan mesin, tubuh kita ini mempunyai berbagai macam komponen yang saling terkait , dan jika ada yang sakit satu, maka semua bagian yang lain akan ikut merasakannya.

Jadi sekecil apapun bagian tubuh kita ada yang sakit, pastinya akan membuat organ tubuh lain tidak nyaman. Jadi apakah masih ada yang meragukan bahwa menjaga kesehatan tubuh itu penting

Banyak orang ketika sedang sakit, mereka akan bertekad dan berniat menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh jika sudah sembuh. Namun pada kenyataannya, setelah sembuh dan disibukkan dengan pekerjaan, tekad untuk hidup sehat pun terlupakan dengan sendirinya.

Konsisten adalah kunci agar kesehatan tubuh kita bisa diraih. Dengan konsisten dalam hal olahraga setiap hari, menjaga pola makan dan juga istirahat cukup, akan membuat tubuh kita tidak gampang sakit.

Dibawah ini adalah contoh teks pidato bahasa sunda tentang kasehatan jasmani dan rohani yang bisa kamu jadikan referensi.


Teks Pidato Bahasa Sunda Tentang Kasehatan & Bahaya Rokok

pidato bahasa sunda
bigcommerce.com

Bahaya merokok bagi kesehatan sudah bukan rahasia umum. Akan tetapi, sekalipun semua orang tahu persis bahaya merokok, hal ini tidak membuat para perokok akan berhenti merokok. Selain itu, tidak hanya perokok aktif yang mendapatan efek negatif rokok. Perokok pasif yang terkena asapnya saja bisa mendapatkan efek dari rokok yang membahayakan.

Di wilayah Inggris sendiri ada sekitar 100 ribu orang meninggal setiap tahunnya karena merokok. Kematian terebut berhubungan dengan bahaya merokok yang bisa menyebabkan penyakit kanker, penyakit paru, dan penyakit jantung.

Di Indonesia, presentase orang yang mengonsumsi rokok adalah terbesar se-Asia Tenggara. Selain itu, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Southeast Asia Tobacco Control Alliance, beserta Komisi Pengendalian Tembakau, Indonesia menduduki urutan ketiga dengan jumlah perokok terbanyak di dunia setelah China dan India pada tahun 2012.

Merokok memang meningkatkan risiko sejumlah penyakit dengan kandungan yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah nikotin.

Dibawah ini adalah teks pidato bahasa Sunda tentang kesehatan & bahaya merorok yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengajak orang berhenti merorok.


Pidato Bahasa Sunda Tentang Perpisahan Sakola yang Menyedihkan

biantara bahasa sunda
beautyschoolsdirectory.com

Salah satu momen yang cukup berat adalah ketika kita sudah selesai menyelesaikan study dan harus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, memang sudah menjadi kepastian bahwa setiap pertemuan aka nada perpisahan.

Pun sama hal nya ketika kita bersekolah, kita akan lulus dan meninggalkan masa-masa sekolah yang bisa dikatakan menyenangkan itu. Pasti banyak sekali kenangan yang tercipta mulai bersama guru, teman atau bahkan pacar sekalipun.

Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa Sunda tentang perpisahan sekolah yang mengharukan, kamu bisa menjadikannya referensi ketika berpidato saat kelulusan nanti.


Pidato Bahasa Sunda Tentang Perpisahan Sakola Kelas 6

biantara bahasa sunda
tirto.id

Kita semua pasti pernah merasakan yang namanay Sekolah Dasar, 6 tahun bukan waktu yang sebentar untuk dilupakan begitu saja. Pasti banyak sekali kenangan-kenangan masa kecil ketika SD itu, masa kecil kita sebagian besar terjadi pada kala SD.

Meskipun suatu saat nanti ada beberapa teman SD yang lupa, tapi kenangan itu akan terus tumbuh, ketika sudah dewasa pasti kita akan menceritakan masa masa sekolah kita kepada anak cucu, tidak terkecuali masa-masa SD ini.
Dibawah ini adalah contoh pidato biantara bahasa sunda tentang perpisahan sakolah kelas 6 yang bisa kamu tiru.


Pidato Bahasa Sunda Tentang Maulid Nabi

biantara bahasa sunda
konsultasisyariah.com

Kelahiran Nabi Muhammad SAW selalu kita rayakan setiap tahunnya. Maulid Nabi sendiri selalu diakan baik di kota maupun di pedesaan. Tak heran berbagai rangkaian acara sering diadakan mulai dari pengajian hingga Sholawatan.

Buat kamu yang sedang mencari teks pidato mengenai maulid nabi, dibawah ini adalah pidato bahasa Sunda tentang Maulida Nabi yang bisa kamu tiru dan jadikan contoh.


Pidato Bahasa Sunda Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

pidato bahasa jawa
situssejarah.com

Salah satu hari besar ummat muslim adalah kelahiran Nabi Muhammad SAW, beliau lah suri tauladan kita dalam mengarungi kehidupan yang fana ini. Beliau lah yang harus kita agungkan dengan cara bersholawat kepadanya.

Dibawah ini adalah contoh biantara bahasa sunda tentang Maulid Nabi Muhammad SAW yang bisa kamu jadikan referensi ketika berpidato di depan umum nanti.


Biantara Bahasa Sunda Tentang Maulid untuk di Sekolah

pidato bahasa sunda
islami.co

Dibawah ini adalah contoh pidato tentang maulid nabi yang bisa kamu tiru ketika acara maulidan di sekolah.


Pidato Bahasa Sunda Singkat Tentang Agama Qada dan Qadar

pidato bahasa sunda
tadst.com

Iman kepada qada dan qadar adalah rukun iman yang terakhir atau keenam. Iman kepada qada dan qadar juga tidak kalah penting untuk dipercayai dari rukun iman yang lainnya .Qada dan qadar lebih di kenal dengan kata takdir Takdir di alam ini ada yang baik dan ada pula yang buruk .

Setiap manusia , telah di ciptakan dengan ketentuan – ketentuan dan telah di atur nasibnya sejak zaman azali .Akan tetapi bukan berarti kita sebagai manusia bermalas – malasan menunggu nasib tanpa berusaha / berikhtiar .Karena sebuah keberhasilan tidak akan tercapai tanpa adanya usaha.

Hubungan antara qada dan qadar yaitu hubungan yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan satu kesatuan karena qada diibaratkan rencana , sedangkan qadar sebagai perwujudan atau kenyataan yang terjadi .Allah swt dalam melakukan qadarNya sesuai dengan kehendakNya.

Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa Sunda Singkat tentang Agama qada dan qadar.


Pidato Bahasa Sunda Singkat Tentang Agama (Ikhlas Beribadah)

pidato bahasa sunda
wikimedia.org

Salah satu kewajiban manusia di muka bumi ini adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Sungguh orang yang sombong dan tidak tahu malu ketika mereka tidak mau beribadah kepada Allah, padahal hidup dan mati mereka ada di tangan Allah.

Baca Juga  Menakjubkan! Inilah 13+ Jenis Ikan Hias Air Laut Tercantik yang Belum Pernah Anda Lihat

Dalam beribadah pun harus Lillahi ta’ala, harus iklhas karena Allah, jangan sampai kita beribadah karena hanya ingin dilihat oleh orang lain, jadikan ibadah kita se-khusu mungkin agar kita ikhlas menjalankan ibadahnya.

Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa Sunda singkat tentang agama yakni ikhlas dalam beribadah. Semoga bermanfaat


Pidato Bahasa Sunda Singkat Tentang Agama (Cobaan Hidup)

pidato bahasa sunda
aquariuschannelings.wordpress.com

Setiap manusia pasti akan menghadapi berbagai kesulitan hidup bagaikan roller-coaster. Adakalanya kita berada megah di atas dan adakalanya kita berduka di bawah. Kedua-duanya sebenarnya merupakan ujian bagi kita sebagai hamba Allah di muka bumi ini agar dapat dikenal-pasti siapakah di antara kita yang paling berkualitas amalnya menelusuri cara kita menghadapi ujian-ujian tersebut.

Justru itu segala ujian daripada Allah S.W.T ini haruslah kita tempuh dengan penuh kesabaran agar ia dapat mendekatkan kita kepada-Nya dan menerima segala limpah rahmat-Nya.

Dibawah ini adalah biantara bahasa sunda singkat tentang agama mengenai cobaan hidup


Pidato Bahasa Sunda Tentang Kemerdekaan Indonesia

biantara bahasa sunda
whicdn.com

Kemerdekaan senantiasa mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa, termasuk Indonesia.
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan pengakuannya oleh dunia telah didapatkan bangsa ini dengan perjuangan berat tak kenal pamrih. Dengan modal kemerdekaan, suatu bangsa akan memiliki harga diri dan dapat bersama-sama duduk saling berdampingan dengan bangsa-bangsa di dunia.

Ketika perayaan 17-an di lingkungan rumah pastinya ada beberapa sambutan serta pidato yang disampaikan oleh para ketua-ketua setempat. Berikut ini adalah pidato bahasa Sunda tentang kemerdekaan Indonesia


Pidato Bahasa Sunda Pendek dan Singkat Tentang Pendidikan

pidato bahasa sunda
youtube.com

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan.

Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan.

Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Seorang anak yang disayangi akan menyayangi keluarganya ,sehingga anak akan merasakan bahwa anak dibutuhkan dalam keluarga. Sebab merasa keluarga sebagai sumber kekuatan yang membangunya.

Dengan demikian akan timbul suatu situasi yang saling membantu,saling menghargai,yang sangat mendukung perkembangan anak.

Dibawah ini adalah pidato bahasa Sunda pendek dan singkat tentang pendidikan yang bisa contoh untuk berpidato


Pidato Bahasa Sunda Pendek dan Singkat Tentang Hari Pahlawan

pidato bahasa sunda
youtube.com

Kita sebagai bangsa Indonesia tahu bahwa tiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Namun, masih sedikit yang mengetahui apa yang melatarbelakangi ditetapkannya tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan menjadi hari ketika bangsa Indonesia mengenang jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa, tenaga, harta, hingga tumpah darahnya untuk melawan para penjajah di Bumi Pertiwi ini. Mereka bertempur dengan mengorbankan nyawanya di medan perang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945 silam, di mana para tentara dan milisi Indonesia yang pro kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Dalam memperingati hari pahlawan, dibawah ini adalah contoh biantara bahasa Sunda pendek dan singkat tentang Hari Pahlawan


Contoh Pidato Bahasa Sunda Tentang Narkoba

pidato bahasa sunda
healthline.com

Bila kualitas manusia bangsa kita rendah, sementara kriminalitas terus meningkat, ekonomi kacau balau, produktivitas menurun, korupsi, kolusi, dan nepotisme meningkat, kehancuran Indonesia tinggal menghitung hari pasti akan terjadi.

Oleh sebab itu, masalah narkoba ini haruslah menjadi agenda penting seluruh anak bangsa, harus di sikapi sebaga ” musuh bangsa”.

Banyak orang yang membenci, memusuhi, dan menyatakan ikut memberantas penyalahgunaan narkoba, tetapi justru memakai narkoba.

Hal itu terjadi karena ia tidak tahu bahwa yang dikonsumsi adalah narkoba. la ditipu oleh ‘pedagang’ yang menawarkan food supplement, ‘pil sehat’ atau ‘ pil pintar’ dan berbagai sebutan lainnya.

Jumlah korban sudah banyak, tetapi jumlah rakyat yang belum menjadi korban masih jauh lebih banyak, kira-kira 99% Oleh karena itu, sambil memberantas pengedar dan bandar serta mengobati korban yang semakin meluas itu, mari kita selamatkan mereka yang belum memakai narkoba.

Dibawah ini adalah contoh biantara bahasa Sunda tentang Narkoba sebagai ajakan untuk memberantas narkoba di Indonesia


Biantara Bahasa Sunda Tentang Kenakalan Remaja

pidato bahasa sunda
motherdistracted.co.uk

Kenakalan remaja merupakan masalah sosial yang menjadi buah bibir di banyak kalangan masyarakat, khususnya para orang tua yang acap kali di landa rasa khawatir terhadap perkembangan sang anak.

Kenakalan remaja adalah tindakan atau perilaku menyimpang dari norma yang dilakukan oleh anak-anak remaja atau anak yang sedang berada di masa transisi dari masa anak-anak menuju ke masa dewasa.

Adapun tindakan remaja ini kerap kali menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat sehingga tidak bisa di pandang sebelah mata, dan apabila dibiarkan akan memberi dampak yang semakin buruk baik bagi remaja itu sendiri maupun masyarakat sekitarnya.

Adapun tindakan-tindakan yang bisa digolongkan dalam kenakalan remaja di bagi menjadi tiga yang pertama kenakalan biasa, yakni kenakalan yang masih berada di level rendah.

Dalam tingkat ini, remaja mulai melakukan tindakan kenakalan seperti mulai terbiasa berbohong terhadap orang tua, keluar tanpa pamit, bolos sekolah bahkan keluyuran di malam hari. Kedua, yaitu kenakalan yang menjurus pada kejahatan, dalam hal ini tingkat kenakalan remaja sudah berada di level menengah.

Dibawah ini adalah contoh biantara bahasa Sunda tentang kenakalan remaja.


Video Pidato Bahasa Sunda

Dibawah ini adalah contoh video pidato bahasa Sunda yang bisa kamu tiru bagaimana cara penyampaian serta gestur tubuh ketika berpidato.

***

Nah, itulah contoh pidato bahasa Sunda atau biantara bahasa Sunda yang bisa kamu tiru untuk berpidato atau dalam menyelesaikan tugas sekolah. Terima kasih.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment