Identitas Nasional – Pengertian, Identitas, Hakikat, Unsur unsur, Jenis dan Contoh [Lengkap]

Identitas Nasional – Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat beragam mulai dari sabang hingga Merauke. Beraga suku bangsa ini lah yang menjadikan Indonesia memiliki identitas nasional yang terbilang unik dibandingkan negara lain.

Sebagai seorang warga yang baik dan peduli terhadap bangsa ini maka kita harus bisa mengetahui dan paham benar seperti apa kehidupan berbangsa dan bernegara itu sejatinya seperti apa serta harus tahu juga mengetahui identitas nasional dari Bangsa Indonesia ini.

Generasi muda memiliki tanggung jawa lebih perihal apa saja yang terkait dengan hal-hal berkebangsaan ini karena dipundak mereka lah akan dipikul serta akan dibawa kemana negara Indonesia ini 10 atau 20 tahun kemudian.

Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui dan mempelajari apa itu Identitas nasional mulai dari hakikat, fungsi, contoh, unsur-unsur, karakteristik nya. Dengan mengetahui semua itu maka kita juga akan lebih mengetahui peranan kita dalam ciri khas nasional ini.

Kali ini maudisini akan membahas mengenai identitas nasional yang ajak dibahas secara rinci dan jelas agar kamu lebih mudah dalam memahaminya.

Pengertian Identitas Nasional

identitas nasional
berdikarionline.com

Kita mulai saja pembahasan mulai dari pengertian identitas nasional. Identitas nasional terdiri dari dua kata yakni identitas dan nasional.

Identitas merupakan sifat khas yang menjelaskan serta sesuai dengan diri sendiri, kelompok sendiri, golongan sendiri, komunitas sendiri atau bahkan negara sendiri. Jadi berdasarkan dari pengertian identitas itu tidak berpatok pada individu saja, melainkan juga pada suatu golongan.

Lalu selanjutnya adalah nasional, nasional ialah identitas yang menempel pada kelompok yang cakupannya jauh lebih besar serta diikat oleh kesamaan baik itu kesamaan fisik seperti bahasa, agama dan budaya. Atau juga kesaamaan non-fisik yakni cita-cita, keinginan dan tujuan.

Dengan kata lain, kelompok kelompok ini lah yang kemudian disebut dengan istilah identitas nasional suat bangsa. Identitas nasional inila yang akan menciptakan tindakan kelompok dan dapat diwujudkan dalam bentuk pergerakan-pergerakan atau organisasi yang diberikan atribut nasional.

Sudah jelas kita bisa menarik kesimpulan bahwa pengertian identitas nasional adalah suatu ciri yang dimiliki oleh suatu bangsa, secara fisiologi yang membedakan bangsa tersebut dengan bangsa yang lainnya. Identitas nasional ini dibentuk oleh proses historis dari bangsa tersebut.

Kita sudah tahu bahwa fungsi dari identitas nasional adalah sebagai pembeda dengan bangsa lain, maka dapat diartikan bahwa setiap bangsa di dunia ini memiliki identitas nasional yang berbeda-beda mulai dari keunikan, ciri-ciri, sifat serta karakternya.

Sifat dari identitas nasional ini sendiri adalah sekunder dan buatan. Maksud dari sifat sekunder disini adalah identitas nasional adalah belakangan jika dibandingkan dengan identitas kesuku bangsaan yang telah dimiliki secara aksriptif.

Yang dimaksud askriptif disini adalah sebelum warga Indonesia jaman dahulu memiliki indentitas nasional, mereka terlebih dahulu telah memiliki identitas primer yang berasal dari suku bangsa yang mereka anut dan percayai.

Sifat selanjutnya adalah buata, sifat ini dinamakan buatan karena identitas nasional ini adalah dibuat, dibentuk serta disepakati oleh warga negara sebagai identitasnya setelah bernegara.

Sedangkan dalam lingkup Bangsa Indonesia sendiri, pengertian identitas nasional adalah kumpulan nilai-nilai budaya yang tumbuh serta berkembang dalam berbagai aspek hehidupan dari ratus suku yang ada dalam himpunan dan satu kesatuan Indonesia.

Ciri khas nasional menjadikannya sebuah kebudayaan nasional yang patokan serta acuan Pancasila serta untuk dasar dana rah pengembangannya adalah Bhineka Tungga Ika.

Identitas Nasional Menurut Para Ahli

identitas nasional
sianakdesa.wordpress.com

Rasanya kurang pas jika kita tidak mencari tahu berbagai macam pengertian identitas nasional menurut para ahli yang telah lama berkecimpung di dunia kebangsaan. Maka dari itu kami telah menyediakan berbagai macam pengertian identitas nasional sehingga kamu akan lebih mudah dalam memahami serta mengimplementasikannya.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Digital Marketing Di Zaman Milenial Untuk Perkembangan Bisnis Anda!

Berikut ini adalah berbagai macam pengertian identitas nasional menurut para ahli.

  • Menurut Dean A. Mix dan Sandra M. Hawley, identitas nasional adalah bangsa yang mempunyai bangunan politik seperti ketentuan-ketentuan perbatasan territorial pemerintah yang sah dan mendapatkan pengakuan dari bangsa lain.
  • Menurut Koenta Wibisono, identitas nasional adalah manifestasi nilai budaya yang berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri khas tertentu yang berbeda dengan bangsa lainnya.
  • Menurut Koerniatmante, identitas nasional secara hukum mengatur mengenai kewarganegaraan sebagai suatu konsekuensi langsung dari perkembangan nasionalisme.

Fase I

  • Joseph Ernest Renan bahwa nasionalisme adalah sekelompok individu yang ingin bersatu dengan individu-individu yang lain dengan kemauan dan kebutuhan psikis. Sebagai contoh adalah Bangsa Swiss yang terdiri dari berbagai bangsa dan budaya dapat menjadi bangsa yang memiliki negara.
  • Otto Bauer mengatakan bahwa nasionalisme adalah kesatuan perasaan dan perangai yanf timbul karena persamaan nasib, contohnya nasionalisme negara-negara asia.
  • Menurut Hans Kohn nasionalisme adalah kesetiaan tertinggi yang diberikan individu kepada nagara dan bangsa.
  • Louis Snyder mengemukaan nasionalisme adalah hasil dari faktor-faktor politis, ekonomi, sosial dan intelektual pada suatu taraf tertentu dalam sejarah. Sebagai contoh adalah timbulnya nasionalisme di jepang. Merupakan fase dimana Indonesia sebelum terbentuk, yang ada hanya kerajaan-kerajaan seperti Majapahit.

Hakikat Identitas Nasional

identitas nasional
youtube.com

Bahasan berikutnya adalah mengenai hakikat identitas nasional. Identitas nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah Pancasila serta yang menjadi aktualisasi diri tercermin pada penataan kehidupan dalam arti yang sangat luas.

Contohnya saja dalam peraturan perundang-undangan atau moral yang secara normatif harus diterapkan dalam bersosialisasi dengan masyarakat,baik itu ketika kita berada di negeri sendiri atau ketika berada di negar lain.

Dengan adanya hakikat identitas nasional maka nilai nilai budaya akan tercermin bukanlah sesuatu hal yang telah selesai dalam kebekuan normative dan domatis. Tetpai menjadi sesuatu yang sangat terbuka serta sangat cenderung terus tumbuh pada kemajuan masyarakatnya.

Konsekuensi dan implikasinya adalah identitas nasional merupakan sesuatu yang terbuka untuk ditafsir dengan diberi makna baru agar tetap relevan dan fungsional dalam kondisi aktual yang berkembang dalam masyarakat.

Karakteristik Identitas Nasional

identitas nasional
wifinusantara.id

Karakteristik merupakan sifat yang terbentuk secara natural atau alami dari suatu kebiasaaidentin dan pola hidup masyarakat yang berada mendiami suatu negara. Maka dari itu karakteristik identitas nasional terbentuk karena adanya berbagai kesamaan dalam berbangsa dan bernegara.

Dibawah ini adalah karakteristik identitas nasional dari Bangsa Indonesia yang perlu kamu tahu;

Kesatuan Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Maka tidak heran jika setiap pulau pulau besarnya memiliki adat dan kebudayaan yang berbeda beda. Mulai dari Sabang Hingga Merauke. Kesatuan ini adalah salah satu karakteristik indentitas nasional bangsa Indonesia yang sangat unik dan berharga.

Persamaan Nasib

Sejarah Indonesia menyebutkan bahwa negara ini adalah salah satu negara dengan waktu penjajahan yang cukup lama, mulai dari Portugis, Belanda dan Jepang. Total sudah ratusan tahun negara Indonesia di jajah.

Kondisi ini menegaskan adanya rasa persamaan nasib karena sama sama dijajah. Perlu kita ketahui hampir seluruh wilayah di Indonesia itu dijajah, bukan hanya 1 atau 2 pulau saja. Maka kala itu para pejuang merasakan hal yang sama.

Hal ini tercerminkan dalam dalam identitas nasional, salah satunya ialah dalam pembukaan UUD yang menyatakan bahwa segala bentuk penjajahan di mukan ini harus dihapuskan.

Keinginan untuk Merdeka

Warga negara Indonesia memiliki keinginan yang sama yakni sama sama ingin terbebas dari belenggu penjajahan dalam segala bentuk apa pun baik itu penjajahan secara fisik maupun mental.

Unsur unsur Pembentuk Identitas Nasional

identitas nasional
youtube.com

Jika kita berbicara mengenai unsur unsur identitas nasional maka kita akan mengatahui apa saja sebetulnya hal hal yang menjadikan Indonesia itu berbeda dengan negara lain. Unsur unsur identitas nasional Indonesia juga akan merujuk pada suatu bangsa yang majemuk.

Kemajemukan itu merupakan gabungan unsur pembentukan identitas nasional meliputi hal-hal dibawah ini. Perhatikan dengan seksama ya.

Suku Bangsa yang Beragam

Bisa kita bayangkan berapa banyaknya suku di Indonesia yang sangat beragam mulai dari Ujung Sumatra hingga ujung Papua. Bahkan tercatat bahwa terdapat 300 kelompok etnis atau suku bangsa, banyak sekali bukan.

Baca Juga  Contoh Poster, Gambar Poster dan Contoh Slogan dengan Berbagai Tema Menarik, Unik dan Ispiratif

Suku bangsa sendiri merupakan golongan sosial yang khusus serta memiliki sifat askriptif (ada sejak lahir), yang sama mulai dari coraknya dengan golonga jenis kelamin dan umur. Hampir seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia ini mempertahankan nilai-nilai budaya yang dianut.

Kebudayaan yang Multikultural

Tidak ada yang tahu bahwa kata “budaya” adalah sebuah kata serapan dari bahasa Sanksekerta yakni (Buddhayah), kata tersebut adalah bentuk jamak dari kata “Buddhi” yang memiliki makna akal. Bisa kita tarik kesimpulan bahwa buadaya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan budi serta akal manusia.

Dalam bahasa Inggris sendiri kebudayaan adalah “culture”, kata “culture” adalah serapan dari bahasa Lati yakni “Colore” yang bermakna mengolah atau mengerjakan. Maksudnya ialah kegiatan yang mengolah akal sehingga membentuk hal yang terus berkembang dan kemudian diberi nama budaya.

Dari penjelasan diatas kita sudah mengetahui dengan jelas bahwa budaya adalah salah satu faktor yang sangat penting pada pembentukan identitas nasional Indonesia. Berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia itu sangat unik, beragam dan memiliki ciri khas masing-masing.

Budaya juga adalah warisan nenek moyang yang harus kita lestarikan hingga kapanpun, jangan sampai budaya Indonesia malah luntur dan tergerus tergantikan oleh budaya asing, jika budaya kita mulai luntur, maka identitas nasional Indonesia juga akan mulai hilang.

Kita justru harus mengenalkan budaya kita, sebagai salah satu penguat bangsa kepada dunia agar nama Indonesia semakin Berjaya di mata dunia.

Kebebasan Beragama

Dalam dasar negara yakni Pancasila, sila pertama menyebutkan “Ketuhanan yang Maha Esa”. Hal ini menyimpulkan bahwa negara Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai Ketuhanan serta nilai Keagamaan.

Di Indonesia sendiri terdapat 5 macam yan paling banyak diyakini oleh warganya yakni Islam, Protestan, Katolik, Budha, dan Hindu. Setiap agama harus menjunjung tinggi nilai toleransi antar umat agama lainnya.

Walaupun Indonesia adalah negara dengan mayoritas warga Islam, namun bukan berarti agama lain kurang dipandang, justru Islam adalah agama yang sangat tinggi menjunjung setiap perbedaan yang ada dalam beragama.

Anekaragam Bahasa

Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling mudah serta paling umum dipakai oleh manusia. Bahasa dapat secara lisan, tulisan atau juga isyarat agar mempermudah orang memahami apa yang kita maksud.

Di Indonesia sendiri tadi dijelaskan bahwa terdapat sekitar 300 suku dan budaya, jika saja setiap suku dan budaya memiliki 1 bahasa yang berbeda, maka terdapat 300 bahasa di Indonesia ini. contoh bahasa yang paling banyak dipakai adalah bahasa Sunda, bahasa Jawa, Batak, Minang dan Betawi.

Bahasa ini menjadi identitas nasional yang harus kita banggakan karena tidak semua negar di Dunia memiliki beragam bahasa Seperti di Indonesia ini, agar tidak terpecah belah maka ada satu bahasa Ibu sebagai bahasa yang wajib yakni Bahasa Indonesia

Dari 4 unsur unsur identitas nasional di atas, dapat dirumuskan pembagiannya menjadi tiga bagian yakni:

  1. Identitas Fundamental, yaitu pancasila sebagai falsafat bangsa, dasar negara dan ideologi negara.
  2. Identitas Instrumental, yaitu berisi UUD 1945 dan tata perundang-undangannya. Dalam Identitas instrumental ini, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia, bendera negara Indonesia adalah merah putih, lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika., lagu kebangsaan Indonesia yakni Indonesia Raya.
  3. Identitas Alamiah, yaitu meliputi negara kepulauan dan pluralisme dalam suku, budaya, bahasa dan agama serta kepercayaan.

Unsur unsur Identitas Nasional

identitas nasional
cloudfront.net

Ciri khas nasional Indonesia merupakan sebuah ciri-ciri yang bisa menjadi pembeda dengan negara lainnya. Identitas nasional Indonesia telah dibuat, dibentuk serta di sepakati oleh para pendiri bangsa terdahulu.

Identitas nasional Indonesia juga telah tercantum dalam konstitusi Indonesia yakni Undang Undang Dasar 1945 (UUD 1945) pada pasal 35 hingga 36. Identitas nasional juga menjadi sebuah penunjuk jati diri Indonesia. Dibawah ini adalah unsur unsur identitas nasional Indonesia.

  • Bahasa Nasional atau Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia
  • Bendera negara yaitu Sang Merah Putih
  • Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat
  • Lambang Negara yaitu Pancasila
  • Lagu Kebangsaan yaitu Indonesia Raya
  • Semboyan Negara yaitu Bhinneka Tunggal Ika
  • Konstitusi (Hukum Dasar) negara yaitu UUD 1945
  • Dasar Falsafah negara yaitu Pancasila
  • Konsepsi Wawasan Nusantara
  • Kebudayaan daerah yang telah diterima sebagai Kebudayaan Nasional
Baca Juga  101 Kata-Kata Ucapan Hari Raya Idul Fitri yang Unik dan Menyentuh Hati [LENGKAP]

Jenis Jenis Identitas Nasional

identitas nasional
youtube.com

Selanjutnya kita harus mengetahui apa saja jenis jenis dari Identitas Nasional Indonesia ini, karena dengan mengetahui jenis jenisnya maka kamu akan lebih menghargai serta jatuh cinta pada negara Indonesia ini.

Dibawah ini adalah jenis jenis identitas nasional Indonesia lengkap dengan pejelasannya.

Bahasa Nasional Indonesia

Bahasa adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam ciri khas Indonesia sebab bahasa dijadikan sebagai simbol dan ciri khas dalam suatu bangsa negara. Bahasa ini dibentuk berlandaskan pada ucapan serta kata kata yang dipakai untuk berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Bendera Merah Putih

Seperti yang sudah tertulis dalam UUD 1945 Bab 15 Pasal 35 yang berbunyi bahwa “ Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih”. Warna pada bendera sang merah putih, memiliki arti yaitu, merah yang berarti berani dan putih berarti suci.

Lagu Kebangsaan Indoesia Raya

Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Soepratman, di tahun 1924. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pertama dikumandangkan pada kongres pemuda (sumpah pemuda) pada tanggal 28 Oktober 1928. Sesudah proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Semboyan Negara Bhineka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti yang sangat mendalam yakni ”berbeda-beda tapi tetap satu”. Bhineka Tunggal Ika menjelaskan konsep kombinasi dan keanekaragaman budaya dalam kehidupan yang terikat dalam suatu kesatuan.
Bhineka Tunggal Ika tidak bersifat pendukung dan khusus. Hal ini bermakna bahwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara itu sama-sama. Tidak ada merasa dirinya yang paling benar, dan paling hebat.

Konstitusi negara yaitu UUD 1945

Undang-undang dasar adalah peraturan perundang-undangan yang tertinggi dalam sebuah negara. Hukum dasar ini tertulis dan berisi aturan yang wajib ditaati, dipatuhi dan disegani. Hukum dasar negara meliputi keseluruhan sistem ketatanegaraan.
Yang berupa kumpulan peraturan yang membentuk negara dan mengatur pemerintahannya. Undang-Undang Dasar adalah suatu hal yang sangat penting dan vital dalam suatu pemerintahan yang telah merdeka.

Contoh Identitas Nasional dalam Bentuk Implementasi

identitas nasional
beritadaerah.co.id

Contoh dari Implementasi Identitas Nasional ialah Kewajiban diselenggarakan upacara bendera setiap hari senin pada seluruh instansi pemerintah. Dalam upacara bendera, terdapat banyak sekali unsur identitas negara.

  • Seperti pengibaran sang saka merah putih
  • Pembacaan Pancasila
  • Pembacaan UUD 1945
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  • Pada penutup di akhiri dengan doa (agama).

Unsur Identitas Nasional Indonesia Berdasarkan Undang-Undang

identitas nasional
restukadilangudemak.blogspot.co.id

Setelah kita membahas secara rinci mengenai identitas nasional Indonesia, maka sekarang ini kita akan membahasnya berdasarkan undang-undang 1945. Tentunya undang-undang ini memiliki peranan penting karena undang-undang adalah salah satu dasar hukum negara ini.

Adapun tentang unsur-unsur Identitas Nasional ini juga telah dimuat secara resmi dalam Undang-undang Dasar 1945 (UUD 45). Dalam pasal 35 sampai dengan 36 C, yang termasuk ke dalam Identitas Nasional Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Dari pasal 35 UUD 1945 dijelaskan bahwa Bendera Negara Indonesia adalah Sang Merah Putih
  2. Pasal 36 menegaskan bahwa Bahasa Negera adalah Bahasa Indonesia. Bahasa yang mempersatukan semua orang dari beragam suku dan daerah berbeda di Indonesia
  3. Pasal 36 A menjelaskan bahwa lambang negara kita adalah Garuda Pancasila. Sebuah Identitas Nasional yang sangat gagah dengan semboyannya yaitu Bhineka tunggal Ika. Walaupun berbeda-beda tapi tetap satu jua.
  4. Pasal 36 B menegaskan bahwa lagu kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya.
  5. Dan di dalam pasal 36 C memuat beberapa ketentuan pasal. Setidaknya ada 5 ketentuan terkait Identitas Nasional yang telah disebukan di pasal 35 – 36 B.

Makalah Identitas Nasional

Dibawah ini adalah contoh makalah identitas nasional yang sangat sering dicari untuk dijadikan tugas atau meteri pembelajaran. Maka dari itu kamu perhatikan dan pahami makalah identitas nasional ini agar kamu semakin mengerti dan semakin tahu pengetahuan mengenai identitas nasional ini.

***

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai identitas nasional mulai dari pengertian, hakikat, unsur, contoh, karakteristik serta makalah identitas nasional. Terima kasih.

Terima Kasih

Leave a Comment