Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa Singkat, Padat & Jelas [Mudah Dihafal+Bahan Referensi]

Contoh Pidato Bahasa Jawa – Buat kamu memiliki kemampuan bahasa Jawa yang baik dan benar tentunya sangatlah penting, apalagi buat orang keturunan Jawa langsung dan orang yang tinggal di wilayah Jawa. Hal ini akan melestarikan budaya bahasa yang ada di Indonesia, jangan sampai suatu bahasa punah karena masyarakatnya merasa minder gara-gara memakai bahasa daerah tersebut.

Masyarakat daerah Jawa pada umumnya memakai bahasa kromo. Namun sayangnya, seiring dengan berkembangnya zaman, penggunaan bahasa Jawa ini justru semakin berkurang di kalangan remaja dan para pemuda. Kebanyakan hanya orang tua saja yang memahami bahasa Jawa kromo ini.

Kali ini maudisini akan memberikan contoh pidato bahasa Jawa singkat agar kamu lebih mudah paham dan mengerti bahasa Jawa, khsusunya pada pelajaran pidato. Hal ini karena masih sangat sedikitnya pemuda yang ingin melestarikan bahasa Jawa ini, maka dari itu mulai sekarang kita lestarikan basa daerah ini agar tidak punah.

Buat kamu yang sudah fasih dalam bekomunikasi dengan bahasa Jawa, kamu juga bisa mengambil contoh teks pidato bahasa Jawa dibawah ini sebagai referensi baru.

Teks Pidato Bahasa Jawa

pidato bahasa jawa
stilettobook.com

Sebelum kita masuk pada pembahasan utama mengenai pidato basa Jawa, mari kita terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan pidato . Dalam kebudayaan Jawa, istilah pidato ini dinamakan Sesorah yang memiliki arti menyampaikan gagasan atau pendapat di depan banyak orang dengan tujuan tertentu.

Sama halnya dengan pidato-pidato lainnya, inti dari sesorah juga banyak memiliki kesamaan, yang membedakan adalah bahasa pengantar yang dipakai pada penyampaian pidato. Biasanya pada daerah kota maupun pedesaan sesorah ini cukup penting adanya dalam perayaan perpisahan sekolah, acara 17-an, nikahan atau acara-acara budaya lainnya.

Dalam mempermudah penyampaian pidato, maka terdapat 4 teknik yang bisa kamu pakai ketika kamu berbicara didepan umum dalam menyampaikan pidato. Berikut ini adalah teknik-teknik pidato.

1. Metode Hafalan

Metode Hafalan dilakukan terbelih dahulu dengan membuat teks pidato dengan menghafalkan teks yang telah kita susun sebelumnya. Terusnya baca berulang-ulang hingga kamu hafal dan fasih dalam penyampaiannya nanti. Tapi metode ini cukup sulit dipraktekan karena mansusia sangat mudah lupa, apalagi ketika berbicara di depan umum.

Ada beebrapa cara agar kamu tidak lupa dengan metode hafalan ini yakni dengan cara memahami arti dari setiap kalimat yang ada pada teks pidato bahasa Jawa. Dengan seperti itu maka kamu akan lebih mudah untuk mengingatnya kembali ketika kamu lupa.

2. Metode Naskah atau Teks

Metode teks ini hampir sama dengan metode hafalan, namun yang mebedakan ialah si pembaca pidato membawa teks pidato bahasa Jawa ke atas mimbar untuk menyampaikan pidato. Cara ini diapakai agar setiap poin poin yang tertera dalam pidato tidak terlewat untk disampaikan ketika sesorah.

Namun jangan secara terus-menerus membaca naskah, perhatikan juga mimic wajah serta lakukan interaksi dengan audience. Metode teks pidato bahasa Jawa ini biasanya dipakai pada pidato nikahan dan kewarganegraan.

3. Metode Dadakan

Dapat dikatakan bahwa metode dadakan ini adalah metode yang paling sulit dilakukan karena tidak semua orang bisa. Sesorah dengan metode ini dilakukan secara spontanitas, maka dari itu hanya orang yang berpengalaman serta memiliki wawasan yang luas lah yang dapat menyampaikan pidado bahasa Jawa dengan metode dadakan ini.

Orang yang sudah berpengalaman akan sangat mudah jika harus melakukan pidato dengan metode dadakan ini karena wawasan mereka sudah sangat luas serta mereka pun akan dihormati oleh audience.

Baca Juga  Manfaat Kurma Muda dan Kurma Ajwa Kesukaan Nabi Muhammad SAW untuk Kesehatan Tubuh

4. Membuat Catatan Kecil (Metode Ekstemporan)

Metode ini dilakukan dengan cara membawa sebuat catatan kecil yang berisikan poin-poin dari bahasan pidato bahasa Jawa yang akan disampaikan. Catatan ini berfungsi sebagai pengingat ketika kamu lupa materi apa yang harus disampaikan berikutnya. Tentunya dengan membuat catatan kecili ini maka kita dapat meminimalisir lupa.

Kerangka Susunan Pidato

pidato bahasa jawa
tqn.com

Teks pidato juga memiliki susunan sama halnya dengan proposal atau surat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kerangka susunan teks pidato bahasa Jawa yang baik dan benar :

  1. Pembukaan dengan salam pembuka
  2. Pendahuluan yang menjelaskan sedikit mengenai isi pidato yang akan kita sampaikan.
  3. Isi atau materi teks pidato : maksud, sasaran, tujuan, rencana, langkah-langkah, dll.
  4. Penutup yang berisikan kesimpulan, pesan, harapan, dan salam penutup.

Jenis Jenis Pidato

pidato bahasa jawa
refreshleadership.com

Berdasarkan sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni :

  1. Pidato Pembukaan
    Pidato pembukaan adalah sebuah pidato yang disampaikan secara singkat yang dibawakan oleh MC atau pembawa acara.
  2. Pidato Pengarahan
    Pidato pengarahan ialah sebuah pidato yang disampaikan untuk mengarahkan orang lain kepada suatu pertemuan tertentu.
  3. Pidato Sambutan
    Pidato sambutan ialah sebuah pidato yang disampaikan apda suatu acara tertentu yang bisa dilakukan oleh siapa saja dengan waktu yang terbatas.
  4. Pidato Peresmian
    Pidato peresmian ialah sebuah pidato yang biasa dilakukan oleh orang yang sangat penting atau bisa dibilang berpengaruh untuk meresmikan sebuah acara atau kegiatan tertentu.
  5. Pidato Laporan
    Pidato laporan ialah sebuah pidato yang berisikan sebuah laporan dari suatu tugas atau kegiatan tertentu.

Pidato Bahasa Jawa Singkat Tentang Perpisahan Sekolah

pidato bahasa jawa
republika.co.id

Dibawah ini adalah contoh teks pidato bahasa Jawa tentang perpisahan sekolah. Setiap tahun pasti selalu diadakan perpisahan sekolah, maka dari itu kami memberikan contoh referensinya kepada teman-teman semua bagi yang ingin menyampaikan kesan serta pesan selama mengenyam pendidikan di sekolah.

Teks pidato bahasa Jawa ini akan mempermudah kamu yang merasa kesulitan untuk mengungkapkan pesan dan pesan tadi, apalagi harus menyampaikannya di depan umum dan orang tua serta guru. Simak ya teks pidato bahasa Jawa tentang perpisahan di bawah ini.


Pidato Bahasa Jawa Singkat Tentang Perpisahan Kelulusan Sekolah

pidato bahasa jawa
okezone.com

Dibawah ini adalah contoh teks pidato bahasa Jawa tentang perpisahan kelulusan sekolah. Tentunya ketika kita sudah lulus akan ada banyak sekali hal ingin kita sampaikan kepada teman, guru serta para warga sekolah lainnya. Karena kita lulus atas jasa dan perjuangan para guru yang telah mendidik kita dengan sangat sabar.

Untuk kamu yang ingin memberikan sepatah atau dua patah kata kepada guru sebagai bentuk perpisahan sekolah, maka teks pidato bahasa Jawa di bawah ini sangatlah cocok untuk kamu terapkan.


Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Pendidikan

pidato bahasa jawa
cdninstagram.com

Dibawah ini adalah contoh teks pidato bahasa Jawa tentang pendidikan, pendidikan adalah pondasi suatu negara. Jika warga negar tidak berpendidikan, lantas bagaimana suatu negara tersebut bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik. Pendidikan di negara ini masih menjadi PR besar karena kurangnya fasilitas yang merata.

Di wilayah perkotaan pendidikan sangat mudah untuk dijangkau, sedangkan di wilayah pedesaan, anak-anak harus berjalan bahkan hampir puluhan kilometer melewati lembah dan sungai untuk sampai di sekolahan. Mari kita galakan pendidikan di Indonesia ini agar lebih baik lagi, maka dari itu teks pidato bahasa Jawa tentang pendidikan dibawah ini adalah bentuk aspirasi kita.


Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa Krama Singkat dan Padat Tentang Pendidikan

pidato bahasa jawa
utakatikotak.com

Dibawah ini adalah contoh teks pidato bahasa Jawa tentang pendidikan. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi ummat manusia. Bahkan ada pepatah yang menyebutkan “Tuntutlah ilmu hingga ke negeri China”. Jadi sejauh apa pun ilmu itu berada, tetap harus kita cari dan kita pelajari.

Karena di dalam Islam sendiri mencari ilmu adalah sesuatu yang diharuskan. Kita sebelum kita memimpin ummat, terlebih dahulu kita harus menjadi orang yang berilmu agar senantiasa dihormati dan disegani. Berikut adalah contoh teks pidato bahasa Jawa tentang pendidikan yang singkat dan mudah dihafal.


Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Lingkungan Sekolah

pidato bahasa jawa
healthyfutures.nea.org

Dibawah ini adalah contoh teks pidato bahasa Jawa tentang lingkungan sekolah yang harus kita jaga agar tetap bersih. Lingkungan sekolah yang bersih akan mendukung proses belajar mengajar, serta akan timbulnya rasa nyaman yang membuat belajar semakin semangat.

Bayangkan saja jika kita harus belajar pada tempat yang kurang nyaman, otomatis semangat belajar pun akan berkurang. Pentingnya kebersihan ini juga harus diterapkan sejak usia dini. Agar ketika sudah dewasa nanti, kepedulian terhadap lingkungan semakin besar pula.

Dibawah ini adalah contoh teks pidato bahasa Jawa tentang lingkungan sekolah yang bisa kamu tiru untuk ajak peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga  Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 yang Dibuat dengan Penuh Pengorbanan [Sejarah Lengkap]

Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Kesehatan

pidato bahasa jawa
publichealthathens.com

Dibawah ini adalah contoh teks pidato bahasa Jawa tentang kesehatan. Masih ingatkah kata pepata “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”.

Pepatah tersebuh memang sangat benar, jika kita sehat maka kita akan mudah untuk melakukan aktivitas apa saja, pun sama sebaliknya, jika kita sakit pastinya hanya ingin berbaring di tempat tidur saja. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mulailah dari sekarang kita untuk lebih menjaga kesehatan kita agar terjauh dari berbagai penyakit yang bisa mengancam. Jangan sampai kita terlalu nyaman dengan yang terasa baik-baik saja sehingga tidak menjaga pola makan.

Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa Jawa tentang kesehatan yang bisa kamu jadikan referensi sebagai ajakan untuk memulai pola hidup sehat


Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Kesehatan Itu Berharga

pidato bahasa jawa
fajarfarianto.com

Dibawah ini adalah contoh teks pidato bahasa Jawa tentang kesehatan. Kesehatan akan terasa mahal ketika kita terserang penyakit. Maka manfaatkanlah waktu sebaik mungkin ketika kita sedang sehat. Bahkan salah satu perkara yang dijelaskan dalam Islam adalah “Sehat sebelum sakit”.

Maka dari itu, kita akan benar-benar paham arti kesehatan setelah kita merasakan sakit, tapi jangan sampai kita sakit gara-gara kurang teraturnya kita menjaga kebersihan diri. Jagalah diri sebaik mungkin agar terhindar dari penyakit.
Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa Jawa tentang kesehatan sebagai bentuk pengingat bagi diri sendiri agar lebih peduli terhadap kesehatan.


Pidato Bahasa Jawa Kemerdekaan Republik Indonesia

pidato bahasa jawa
staticflickr.com

Dibawah ini adalah contoh teks pidato bahasa kemeredekaan Republik Indonesia. Kemerdekaan ialah hak segala bangsa maka dari itu setiap negara pantas mendapatkan kebebasan untuk berdaulat. Indonesia memiliki sejarah kemerdekaan yang sangat panjang, mulai dari penjajahan Portugis, Belanda dan Jepang.
Sekarang ini Negara Indonesia sudah merdeka, salah satu bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang kita raih ini adalah dengan menghargai jasa para pahlawan yang berjuang harta dan nyawa untuk mengusir para penjajah dari Indonesian ini.
Tidak terbayangkan bagaimana jadinya jika sekarang ini Indonesia masih terjajah oleh para penjajah. Tentunya akan sangat menderita dan kelam. Maka dari itu contoh pidato bahasa jawa Kemerdekaan Republik Indonesia ini akan mengingatkan kita akan pentingnya kemerdekaan bagi bangsa ini.


Pidato Bahasa Jawa Kemerdekaan Hak Segala Bangsa

pidato bahasa jawa
wikimedia.org

Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa Jawa Kemerdaan Hak Segala Bangsa. Setiap tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia. Itu merupakan salah satu hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia, kala itu Ir. Soekarno memproklamirkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang merdeka, bangsa yang berdiri sendiri tanpa adanya penjajahan.

Maka dari itu, kemerdekaan ini harus tetap dijaga. Jadikan negara ini menjadi negara yang berdaulat, sehingga pihak mana pun tidak akan berani lagi untuk mengambil atau mengancam apa yang menjadi milik bangsa Indonesia.
Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa Jawa kemeredekaan hak segala bangsa yang bisa kamu pakai saat mengisi pidato acara Agustusan.


Pidato Bahasa Jawa Tentang Narkoba Sebagai Musuh Bangsa

pidato bahasa jawa
jualrapidtest.wordpress.com

Narkoba adalah barang haram yang merusak moral bangsa. Narkoba banyak sekali merenggut korban dari kalangan remaja ini. Jika ini tetap dibiarkan maka lama kelamaan suatu bangsa akan rusak karena efek narkoba ini.

Indonesia adalah pasar yang sangat empuk untuk kasus jaringan narkoba ini, sering kita lihat bahwa para pengedar dari luar negeri berani menjual barang haram itu di negara kita. Sekali lagi kita harus bahu-membahu untuk memberantas narkoba ini.

Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa Jawan tentang narkoba sebagai ajakan agar kita lebih peduli terhadap kasus yang sudah lama terjadi namun belum pernah selesai hingga saat ini.


Pidato Bahasa Jawa Singkat Padat Tentang Maulid Nabi

pidato bahasa jawa
bintang.com

Dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Biasanya diadakan acara-acara keagamaan yang diadakan di masjid-masjid, mushola-mushola dan tempat-tempat khusus lainnya. Oleh sebab itu, buat kamu yang sedang mencari naskah pidato bahasa jawa tentang peringatan maulid nabi,

Dibawah ini adalah pidato bahasa Jawa Singkat Padat tentang Maulida Nabi yang bisa kamu pakai ketika acara maulidan berlangsung.


Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa Krama Singkat dan Padat Tentang Budi Pekerti

pidato bahasa jawa
kompasiana.com

Contoh pidato bahasa jawa krama selanjutnya adalah tentang Budi Pekerti. Budi pekerti atau biasa kita kenal dengan akhlaq yang baik adalah salah satu hal yang harus kita junjung tinggi disamping pendidikan yang sedang kita kejar. Karena Ilmu tanpa adanya budi pekerti yang baik seperti sayur tanpa garam.

Nah, berikut ini adalah contoh pidato tentang budi pekerti yang tujuannya untuk mengajak para siswa dan para pendengar pidato untuk bisa membiasakan diri dengan budi pekerti yang baik.


Contoh Sesorah atau Pidato Bahasa Jawa Hari Kartini

pidato bahasa jawa
infobiografi.com

Hari ini, kita memperingati Hari Kartini sebagai simbol kebangkitan peran wanita. Peran yang tidak lagi sekadar berada di dalam wilayah domestik, namun peran yang merambah wilayah yang lebih luas dalam sosial-kemasyarakatan.

Baca Juga  Cara Budidaya Udang Vaname dengan Berbagai Teknik Lengkap Beserta Tahapannya

Perjuangannya melawan kungkungan dengan berbagai cara. Hingga menerbitkan tulisan-tulisan yang terangkum dalam sebuah judul inspiratif: Habis Gelap, Terbitlah Terang.

Saat ini, inspirasi Kartini telah menjadi gagasan yang besar dan menempati tempat penting dalam setiap program dan kebijakan. Kehadiran wanita dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara mampu memberi warna dan teladan bagaimana sesungguhnya menjalani kehidupan di berbagai bidang.

Dibawah ini adalah conth sesorah atau pidato bahasa Jawa Kartini yang bisa kamu pakai ketika memperingati hari Kartini


Contoh Sesorah atau Pidato Bahasa Jawa Syukuran

pidato bahasa jawa
antamal9.koarmatim.tnial.mil.id

Acara syukuran adalah acara yang sering diadakan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Acara syukuran juga diawali dengan sambutan, lalu ceramah dari Ustadz yang hadir. Biasanya acara syukuran ditutup dengan makan-makan.

Dibawah ini adalah contoh sesorah atau pidato bahasa Jawa tentang syukuran yang bisa kamu jadikan referensi ketika kamu mengadakan acara syukuran.


Contoh Sesorah atau Pidato Bahasa Jawa Apel Pagi

pidato bahasa jawa
mmalikibrohim.blogspot.co.id

Apel pagi atau upacara pagi selalu dilakukan berbagai macam instansi. Hal ini bertujuan untuk memberikan wejangan serta masukan bagi karyawan agar tetap semangat dalam bekerja. Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa Jawa pendek untuk apel pagi.


Pidato Bahasa Jawa Krama Tentang Pernikahan

pidato bahasa jawa
kontak-pf.com

Pernikahan adalah momentum yang sangat bersejarah dalam fase kehidupan setiap orang, maka dalam pelaksanaan dan persiapannya pun harus berkesan dan berjalan lancar. Seperti kebanyakan pernikahan, dalam pernikahan pun ada pidato yang harus disampaikan.

Dalam adat jawa pun demikian, pernikahan haruslah mengikuti adat istiadat kebudayaan jawa yang sudah turun temurun dilangsungkan setiap acara pernikahan. maka tak heran ketika acara pernikahan berlangsung pasti ada salah satu perwakilan yang harus berbicara saat acara tersebut berlangsung.

Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa jawa karma dalam acara pernikahan, buat kamu yang sedang mencari pidato bahasa jawa untuk acara pernikahan bisa langsung membacanya di bawah ini.


Pidato Bahasa Jawa Pendek Tentang Khitanan

pidato bahasa jawa
klinik-khitanan-paramedika.com

Bagi setiap anak laki-laki hukumnya wajib untuk dikhitan atau di sunat, tentu bagi orang tua yang mempunyai anak laki-laki haruslah mempersiapkan untuk khitanan atau sunatan untuk sang anak.

Dalam acara khitanan sendiri biasa dijumpai acara-acara untuk merayakan hari khitan anak dan biasanya dijumpai pula acara penyambutan dari pihak tamu undangan maupun dari pihak keluarga. Dibawah ini adalah contoh pidato Bahasa Jawa pendek untuk acara khitanan atau sunatan. Baiklah langsung saja anda bisa membaca contoh selengkapnya di bawah ini.


Pidato Bahasa Jawa Pendek Tentang Halal bi Halal

pidato bahasa jawa
goodnewsfromindonesia.id

Setelah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan dan merayakan hari kemenangan Idul Fitri tentu kita merasakan kegembiraan yang penuh dengan kebersaan dengan keluarga, sahabat dan juga teman seperjuangan di sekolah.

Biasanya untuk mengobati rasa rindu kita kepada teman-teman sekolah maupun guru-guru yang pernah mengajari kita, kita mengadakan acara Halal Bihalal untuk mempererat tali silaturahmi.

Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa jawa pendek Halal Bihalal yang semoga dengan adanya contoh pidato ini sahabat akan lebih mudah dalam berpidato bahasa jawa.


Pidato Bahasa Jawa Pendek Tentang Sambutan Ketua Panitia Acara

pidato bahasa jawa
contentplant.com

Dalam sebuah kegiatan resmi atau tidak resmi pasti membutuhan kepanitian yang bertugas untuk menyusun serta menjalankan acara agar terlaksana dan tujuan dari acara bisa tercapai. Salah satu agenda wajib dari acara tersebut adalah pidato singkat dari ketua acara.

Biasanya pidato ini berisikan mengeni tujuan acara serta apa saja harapan yang bisa diperoleh ketika selesai mengikuti acaranya.

Dibawah ini adalah contoh pidato bahasa Jawa pendek tentang sambutan ketua panitia acara yang bisa kamu jadikan referensi saat kamu berkesempatan berpidato.


Pidato Bahasa Jawa Pendek Tentang Pembukaan Acara Bazar

pidato bahasa jawa
personal.umich.edu

Dalam acara tertentu terkadang kita sering kali melihat atau menemukan acara bazar yang diselenggarakan oleh pihak-pihak panitia bazar, tentu mengadakan suatu acara atau kegiatan bazar tidaklah mudah, karena harus memikat perhatian para peminat dan pengunjung.

Dibawah ini adalah contoh naskah pidato bahasa jawa tentang pembukaan bazar, semoga dengan adanya contoh naskah pidato ini baik panitia maupun penyelenggara acara bazar dapat terealisasikan keinginan dan harapannya melalui acara bazar tersebut.


Video Pidato Bahasa Jawa

Dibawah ini adalah contoh pidato yang bisa kamu jadikan referensi serta pelajari bagaimana gestur serta cara penyampaian yang baik dan benar

***

Nah itulah contoh mengenai:

Pidato Bahasa Jawa Singkat Tentang Perpisahan, Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Pendidikan, Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Lingkungan, Pidato Bahasa Jawa Singkat Padat, Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Kesehatan, Pidato Bahasa Jawa Kemerdekaan, Pidato Bahasa Jawa Pendek, Pidato Bahasa Jawa Krama

Semoga Bermanfaat 😊

Leave a Comment