Tulisan Arab Alhamdulillah Lengkap Dengan Makna & Arti yang Belum Diketahui [+Kaligrafi Keren]

Tulisan Arab Alhamdulillah – Alhamdulillah tulisan arab menjadi salah satu kalimat yang harus kita ucapkan ketika mendapat syukur atas nikmat yang telah Allah berikn kepada kita.

Apabila kita mengucapkan lafadz alhamdulillah maka itu sudah menjadi bukti serta pengakuan kita atas nikmat Allah Yang Maha Luas.

Pengucapan kalimat alhamdulillah adalah salah satu tanda bersyukurnya kita kepada Allah SWT yang memberikan semua apa yang kita butuhkan di muka bumi ini.

Pada artikel kali ini, maudisini akan membahas mengenai tulisab arab alhamdulillah, alhamdulillah tulisan arab serta tulisan-tulisan lainya dalam bahasa Arab yang sering dipakai pada percakapan sehari-hari.

Contoh kalimat yang sering kita pakai pada percakapan sehari-hari akan kami sajikan dalam tulisan arab subhanallah, Allah, Insya Allah dan Insya Allah.

Selain itu, kami akan dibahas mengenai arti dari setiap alhamdulillah Tulisan arab, Allah, Subhanallah dan lainnya.

Tujuannya adalah dengan kita mengetahui artinya maka diharapkan kita kan lebih bisa memaknai apa yang telah kita ucapkan terhadap kata-kata mulia ini.

Berikut ini akan dijelaskan dengan rinci agar mudah dipahami terkait tulisan arab alhamdulillah yang baik dan benar. Simak terus hingga selesai ya.

Salah satu hal mendasar yang harus dipahami adalah kita sering typo dalam menulis tulisan arab apapu. Hal ini terjadi karena memang sehari-hari kita terbiasa menulis latin di laptop, personal komputer hingga smartphone.

Sehingga hal ini akan membuat kita merasa kesulitan ketika menulis alhamdulillah tulisan arab dan tulisan lainnya
padahal untuk menulis arab di laptop dan di hape sebetulnya tidaklah susah jika saja kita mengetahui ilmunya.

Untuk menulis arab di laptop atau hape ini kita bisa menggunakan cara online maupun dengan menggunakan aplikasi.

Tulisan Arab Alhamdulillah yang Baik dan Benar Beserta Artinya

tulisan arab alhamdulillah
gloobest.blogspot.co.id

Tulisan arab alhamdulillah ialah kalimat yang diucapkan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT, entah nikmat apapun yang diberikan kepada seseorang.

Mengucapkan tulisan arab alhamdulillah ini cukup penting sebab dengan arti alhamdulillah menunjukkan bahwa hal itu untuk mensyukuri akan sesuatu. Berikut ini adalah tulisan arab alhamdulillah yang baik dan benar beserta artinya;

” الحمد لله رب العالمين “

Artinya

Segala puji bagi Allah Ta’ala Pemelihara seluruh alam.

Arti Alhamdulillah Tulisan Arab

tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com

Arti Alhamdulillah dan penjelasannya sebagai kalimat tahmid adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Tulisan arab Alhamdulillah secrah bahasa memiliki arti : “Segala puji bagi Allah” yaitu ucapan terima kasih kepada Tuhan.

Kata Alhamdulillah atau juga kalimat tahmid adalah doa terbaik yang wajib dilafalkan setiap manusia sebagai kalimat dzikir dalam mengingat Allah SWT.

Hal ini karena kita perlu mengucapkan terima kasih terlebih dahulu atas segala nikmat yan telah Allah SWT anugerahkan kepada hambanya dalam kehidupan ini.

Kalimat Tahmid mempunyai keutamaan sebagai sebuah sarana agar semua doa yang kita panjatkan bisa dikabulkan dan diridhoi Allah SWT.

Selain itu agar menjadi pengingat bagi kita agar terus bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan serta tidak menjadi kufur nikmat atau tidak bersyukur.

Seperti yang telah dijelaskan di dalam ayat Al Qur’an yaitu surat Ibrahim ayat 7 yang artinya:

Baca Juga  Perkembangan, Istilah, dan Sejarah Baseball di Dunia

“Barang siapa bersyukur atas nikmat-Ku, maka akan Ku tambahkan nikmat baginya. Dan barangsiapa kufur terhadap nikmat-Ku, sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih”

Pada ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa kita selaku umat-Nya harus senantiasa akan menambahkan nikmat bagi siapa saja yang telah bersyukur. Berikutnya Allah juga akan memberikan adzab kepada siapa saja yang tidak berterima kasih atau tidak bersyukur serta mengingkari nikmat yang telah diberikan.

Bentuk rasa syukur kepada Allah yang paling mudah adalah dengan mangucapkan Alhamdulillah dan dijadikan sebagai dzikir setiap saat secara ikhlas. Selanjutnya diwujudkan dalam bentuk yang lebih realistis seperti tekun dan rajin untuk melaksanakan ibadah agar lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Perwujudan rasa syukur lainnya ialah bersikap kepada seluruh makhluk Allah yang hidup di alam semesta ini.

Hal ini karena kita juga diharuskan untuk berbuat baik kepada sesama mahkluk dengan rasa kasih sayang kepada manusia, jin, hewan, tumbuhan dan lainnya.

Arti Alhamdulillah tulisan arab juga harus bisa diwujudkan dalam mengelola rezeki yang telah diberikan Allah dan membagi sebagian rezeki kita kepada orang yang berhak menerimanya.

Cara bersyukur dari rezeki yang diterima yaitu rajin menginfakannya terutama kepada kaum dhuafa’ dan anak-anak yatim serta untuk infaq di Masjid.

Cara bersyukur ini terkadang banyak dilupakan oleh manusia, terlebih lagi ketika kita mendapat rezeki yang lebih, kadang kala kita masih mengeluh atas apa yang telah Allah anugerahkan kepada kita.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa Allah juga memberikan nikmat dengan menguji kesabaran seseorang melalui musibah atau hal lainnya.

Apabila kita menerima ujian, tentu saja harus terus berikhtiar dan hanya berserah diri kepada Allah karena hanya dengan lulus ujian.

Yakinlah bahwa Allah adalah Dzat yang memberi ujian dan yakin pula bahwa Allah adalah Dzat yang memeberi solusi.

Dengan adanya ujian maka derajat kita akan naik. Allah memberikan ujian dan kita hanya berdoa untuk meminta petunjuk kepada Allah agar bisa menemukan solusi untuk menyelesaikannya.

Kalimat Alhamdulillah dalam Al Qur’an

tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com

Lafadz Alhamdulillah memiliki kandungan yang sangat penting dan disebutkan lebih dari 40 kali dalam ayat-ayat Al Quran yang tersebar dalam beberapa surat.

Hal yang paling utama ialah diletakkan dalam surat Al Fatihah yang menjadi pembuka dari Al Qur’an dan diletakkan pada ayat pertama. .

Kalimat tahmid juga dijadikan sebagai ayat pertama dalam beberapa surat seperti Surat Al An’am, Saba, Faatir, dan Al Kahfi.

Allah pasti mempunyai sebuah isyarat atau pesan mengapa meletakannya diawal surat agar manusia mau mengkaji dan tadabbur maksud dari hal-hal tersebut

Kalimat Alhamdulillah yang berada diawal surat selalu identik dengan penciptaan Allah terutama terciptanya langit dan bumi. Dari hal ini kita bisa mentadabburinya dengan pendapat bahwa arti Alhamdulilah pada ayat yang tertera adalah bentuk pujian kepada Allah.

Dengan penciptaan langit dan bumi maka segala kehidupan yang ada di alam semesta ini bisa berjalan sesuai dengan yang Sunnatullah yang telah di tetapkan.

Hendaknya manusia bisa melihat bukti kebesaran Allah dari segala penciptaan Allas SWT dan serta bisa istiqomah dalam dzikir Tahmid sebagai bentuk ungkapan rasa syukur.

Selain itu juga, kalimat tahmid ada yang diletakkan ditengah-tengah ayat seperti pada surat berikut

  • surat Az Zumar ayat 29
  • surat Al Mukmin ayat 65
  • surat Ibrahim ayat 39 dan lainnya.

Penempatan tulisan arab alhamdulillah ditengah-tengah ayat juga masih berhubungan dengan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Contohnya adalam surat Ibrahim ayat 39 diterangkan bahwa Nabi Ibrahim mengucapkan rasa syukur dengan kalimat tahmid karena telah dikaruniai Ismail dan Ishak. Hal ini disebabkan nabi Ibrahim tidak henti-hentinya berdoa agar dikaruniai anak-anak yang sholeh dan bisa berbakti kepada orang tua.

Baca Juga  Arti Barakallah Fii Umrik dan Doa Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia Lengkap

Allah meng-ijabah doa Nabi Ibrahim dan menjadikan kedua anaknya Ismail dan Ishak sebagai nabi dan Rasul yang mengikuti millah Ibrahim. Selain itu, Allah juga memberikan derajat yang tinggi kepada Nabi Ibrahim sebagai

Kholilullah dan menjadi bapak para nabi setelah nabi Nuh.

Keutmaan Lafadz Alhamdulillah

tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com

Alhamdulillah tulisan arab ini tentunya memiliki keutamaan yang tinggi jika kita secara istiqomah mengamalkannya. Karena selain kalimat yang menunjukan rasa syukur kita terhadap sesuatu, kalimat alhamdulillah ini memiliki fungsi lain yang bisa membawa kita pada kezuhudan.

Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan membaca kalimat alhamdulillah.

1. Doa yang Paling Utama

Doa yang paling mudah diucapkan dan menjadi kalimat yang utama agar permohonan bisa dikabulkan Allah ialah dengan mengucapkan kalimat Alhamdulillah.

Sebaik-baik doa adalah mengucapkan kalimat tahmid untuk selalu bersyukur dan tidak melupakan nikmat yang telah diberikan.

2. Dzikir Setelah Sholat

Setelah melaksanakan sholat, umat muslim sangat dianjurkan atau bahkan disunahkan untuk membaca dzikir, salahsatunya ialah membaca kalimat tahmid ini yakni Alhamdulillah.

Hal ini dikarenakan arti dan makna Alhamdulillah itu sendiri adalah sebagai bentuk pujian kepada Allah serta rasa syukur dengan cara mengagungkan Kebesaran-Nya.

3. Sebagai Kalimat Pembuka Khutbah

Saat khotib mulai naik mimbar untuk melaksanakan khutbah jumat, kalimat pertama yang diucapkan ialah kalimat tahmid, kalimat alhamdulillah dibacakan paling utama diantara yang lainnya.

Tentu saja pemilihat ini dambil berdasarkan hadits nabi yang telah diajarkan kepada sahabat dan diteruskan hingga sekarang ini.

4. Kalimat Pembukan Khutbah Akad Nikah

Acara akad nikah ialah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan didahului dengan mengucapkan khutbatunnikah. Kalimat pertama dalam khutbah tersebut juga menggunakan lafadz Alhamdulillah sebagai doa agar kedua pengantin menjadi keluarga sakinah mawaddah dan warahmah.

5. Kalimat Ampunan Dosa

Jika kita ingin bertaubat agar diampuni seluruh dosa-dosanya hendaknya membaca dzikir yaitu kalimat tasbih, tahmid dan takbir. Jika bisa istiqomah melafalkan ketiga kalimat dzikir tersebut, maka Allah akan mengampuni semua dosa-dosa hambanya walaupun sebesar buih di lautan.

6. Bacaan Ketika Bersin

Abu Hurairah meriwayatkan bahwasannya Nabi Muhammad bersabda:

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan benci orang yang menguap. Maka apabila ada orang yang bersin, maka hendaknya mengucapkan kalimat Alhamdulillah selanjutnya Muslim yang mendengar juga mendoakannya”.

7. Doa Setelah Selesai Makan

saat kita telah selesai makan, maka sebaiknya mengucapkan kalimat Alhamdulillah sebagai ucapan rasa syukur atas rizqi yang telah diberikan Allah. Hal ini bertujuan supaya makanan yang telah kita konsumsi juga akan menjadi sesuatu yang baik dan untuk menghindari hal yang buruk.

8. Doa Ketika Pekerjaaan Telah Selesai

Agar semua pekerjaan yang kita lakukan diridhoi Allah, hendaknya kita mengucapkan kalimat syukur atau dengan arti Alhamdulillah. Manfaatnya ialah memohon kepada Allah agar selalu menjaga pekerjaan kita selalu dijalan yang benar dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Autotext Tulisan Arab

Dibawah ini adalah Autotext berbagai macam tulisan arab yang bisa kamu salin;

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ (Assalaamu’alaikum wa rahmatullah wabarakatuhu)

وَ عَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ (Wa’alaikum salaam wa rahmatullah wabarakatuh)

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ (Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb)

اَهْلاًوَسَهْلاً (Ahlan wa sahlan)

اَللّهُ اَكْبَرُ (Allahu Akbar)

اَلْحَمْدُلِلّهِ (Alhamdulillah)

الْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن (Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin artinya Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam)

اَللّهُ (Allah)

آمِّينَ (Amin)

اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن (Amin Ya Rabbal ‘Alamin)

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ (Astaghfirullah hal adzim)

Baca Juga  Contoh Pidato Bahasa Inggris Singkat Tentang Lingkungan, Pendidikan, Islami & Kesehatan [Mudah Dihafal]

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم (Ta’awwuz: A’udzubillahi minas syaito nirrojim)

بِسْمِ اللّهِ الرَّالرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ (Bismillahir rahmanir rahim)
بَارَكَ اللّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرِ (Do’a untuk Pengantin)

حَلاَلً (halal)

حَرَامٌ (haram)

اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ (Innalillahi wa inna ilaihi raaji’uun)

اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ (Insya Allah)

جَزَاكَ اللّهُ (jazakallah)

جَزَاكِ اللّهُ (jazakillah)

جَزَاكُمُ اللّهُ(Jazakumullah)

لاَحوْلَ وَلاَ قُوَّة اِلاَّبِاللّهِ (Laa haula wa laa quwwata illa billah)

لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ (Laa ilaaha illallah)

مَاشَآءَاللّهُ (Masya Allah)

سُبْحَانَ اللّهُ (Subhanallah)

اَللّهُ اَكْبَرُ، اَللّهُ اَكْبَرُ، اَللّهُ اَكْبَرُ، لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ اَللّهُ اَكْبَرُ، اَللّهُ اَكْبَرُ، وَلِلّهِ الْحَمْدُ (Takbiran = Allahu Akbar)

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ صِيَامَنَا وَ صِيَامَكُمْ (Taqabalallahu minna wa minkum siyamanan wa siyamakum)

تَقَبَّلْ يَا كَرِيْمُ (Taqabal ya kariim)

وَ اِيَّاكُمْ (Wa iyyakum)

مَرْحَبًا يَا رَمَضَان (Marhaban ya Ramadhan)

‫ ‬ مِنَ العَائِدِيْنَ وَ الفَائِزِيْنَ(Minal ‘aidin wal faidzin)

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ (Doa sebelum tidur = Bismika Allahumma Ahya Wa Amut)

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّد (Salawat atas Nabi Muhammad)

سُبْحَانَ اللَّهِ وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَ لاَ اِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَ اللَّهُ أَكْبَرُ (Subhanallah walhamdulillah wala ila ha illauloh Allahu akbar)

القرآن (Al-Qur’ an)

لَيْلَةِ الْقَدْرِ (Lailatul Qadar)

صوم (Shaum = Puasa)

عيد فطر مبارك (Idul Fitri Mubarak = Lebaran)

عيد الأضحى (Idul Adha)

صلاة (Salat)

المسجد (Masjid)

تَرْوِيْحَةٌ (Tarawih)

Kaligrafi Alhamdulillah

Tulisan arab alhamdulillah sangat bagus ketika disusun dan dibentuk menjadi gambar kaligrafi arab. Kaligrafi alhamdulillah dapat dibentuk sedemikian rupa agar terlihat indah dimata, sehingga orang yang melihat bisa merasa kagum dan mau memaknai dari alhamdulillah tulisan arab dalam bentuk gambar kaligrafi.

Berikut ini adalah kumpulan beberapa kaligrafi Alhamdulillah yang unik serta menarik

tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com

Kaligrafi alhamdulillah diatas memang sangat simpel dan elegan, tidak terlalu banyak ornamen-oranamen yang mencolok ditambah lagi tulisan berwarna hitam dengan background putih. Maka bisa dikatakan kaligrafi alhamdulillah tulisan arab ini cukup simpel untuk dibuat dan dipraktekan.

tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com

Kaligrafi alhamdulillah diatas sangatnya simpel seperti pada kaligrafi yang pertama, namun dengan warna coklah yang agak gelap serta ada unsur lengkungan menambah nilai estetika pada kaligrafi ini.

tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com

Kaligrafi alhamdulillah diatas sangatnya simpel seperti pada kaligrafi yang pertama, namun dengan warna coklah yang agak gelap serta ada unsur lengkungan menambah nilai estetika pada kaligrafi ini.

tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com
tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com
tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com

warnanya yang sangat terang dan indah membuat mata merasa tentram melihat kalimat tauhid ini, pastinya kita harus membaca setiap hari dali tulisan arab alhamdulillah ini agar diberi keistiqomahan.

tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com
tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com

warna yang mencolok serta unsur tegas pada setiap pinggir pada kaligrafi tulisan arab alhamdulillah ini sangat indah dan menarik, sangat cocok jika dijadikan wallapaper pada laptop atau komputer.

tulisan arab alhamdulillah
mediaukhuwah.com

bisa dilihat bahwa kaligrafi tulisan arab alhamdulillah ini memakai cat air dalam membuatnya, terdapat goresan-goresan kasar yang menambah kesan alami pada kaligrafi alhamdulillah itu.

tulisan arab alhamdulillah
initu.id

kaligrafi juga bisa dijadika sebagai sticker dinding, rasanya dengan memajang sticket dinding berupa kaligrafi akan membuat hidup kita jauh lebih tentram dan damai karena setiap waktunya kita terus melihat kaligrafi alhamdulillah tulisan arab ini.

tulisan arab alhamdulillah
initu.id

Dengan warna yang menyala di bagian sampingnya kaligrafi alhamdulillah ini sangat cocok untuk dijadikal wallapper pada laptop atau komputer kamu.

tulisan arab alhamdulillah
initu.id

Kaligrafi ini memakai tinta emas dalam membuatnya serta latar dengan banyak ornamen menambah kesan elegan pada tulisan arab alhamdulillah ini

***

Itulah penjelasan mengenai tulisan arab alhamdulillah serta contoh kaligrafi alhamdulillah yang bisa kita jadikan wallpaper di laptop atau juga dijadikan sticker dinding.

Mudah-mudahan kita diberi keistiqomahan dalam beribadah kepada Allah.

Semoga bermanfaat 🙂

1 thought on “Tulisan Arab Alhamdulillah Lengkap Dengan Makna & Arti yang Belum Diketahui [+Kaligrafi Keren]”

Leave a Comment