Perjalanan Darat Jarak Jauh, Pilih Bus atau Kereta Api?

Hendak melakukan perjalanan panjang dan harus menempuh jalur darat karena berbagai pertimbangan, bus dan kereta api adalah pilihan angkutan yang paling memungkinkan. Masing-masing kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangan dan sebelum pesan tiket kereta api untuk perjalanan Anda, tidak ada salahnya untuk membandingkan kedua transportasi massal ini.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih menempuh perjalanan naik bus atau kereta api. Berikut adalah beberapa yang harus diperhatikan.

Siapa Saja yang Ikut Dalam Perjalanan

Sebelum beli tiket KAI atau bus, perhatikan dulu siapa saja yang akan ikut dalam perjalanan ini. Apakah membawa anak-anak dan lansia, ataukah hanya orang dewasa yang semuanya dalam kondisi sehat. Hal ini penting untuk memilih kendaraan yang akan dinaiki.

Perlu diingat, bahwa bus tidak memiliki jarak kaki yang cukup nyaman dan melelahkan ketika perjalanan jauh. Membawa anak-anak dan lansia untuk naik kendaraan ini perlu tips dan trik khusus agar semua orang bisa nyaman selama perjalanan.

Jika ada anak-anak dan lansia, kereta api adalah pilihan terbaik untuk kenyamanan selama perjalanan. Tetapi sebelum membeli tiket KAI, perhatikan dulu beberapa hal lain berikut ini.

1. Apa Saja Barang yang Akan Dibawa

sumber:@andreuuuw

Memperhatikan barang bawaan penting dilakukan ketika naik kendaraan apapun. Yang perlu diingat adalah, bus tidak bisa membawa barang terlalu banyak. Sementara kereta api bisa membawa lebih banyak barang, tentu saja dengan menambah uang bagasi untuk barang dengan ukuran dan berat tertentu.

Baca Juga  Perjanjian Linggarjati - Kronologis, Latar Belakang, Isi dan Tokohnya

Jika membawa barang yang cukup banyak, kereta bisa jadi pilihan yang lebih pas. Namun jika barang bawaan sedikit, bus tetap bisa jadi pilihan.

2. Akses Termudah Menuju Tempat Tujuan

sumber:@annapascale

Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah akses menuju tempat tujuan. Hampir semua kota di Jawa dan Sumatera sudah bisa diakses dengan kereta api. Tetapi beberapa di antaranya tidak bisa ditempuh hanya dalam satu kali perjalanan saja. Demikian pula dengan bus, ada yang memiliki rute langsung dari kota A ke kota B, tetapi tidak jarang pula yang harus pindah bus untuk menuju tempat tujuan.

Pilihlah armada yang paling memudahkan menuju tempat tujuan. Kereta bisa jadi lebih nyaman, namun jika harus oper berkali-kali dan membawa anak dan lansia serta barang banyak, tentu merepotkan.

Pertimbangkan dulu dengan matang sebelum membeli tiket KAI atau bus. Pilih yang paling memudahkan perjalanan.

3. Jarak dan Waktu Tempuh

sumber:jatimnet.com

Semakin jauh jarak yang ditempuh, waktu perjalanannya pun lebih lama. Dan semakin lama perjalanan, armada yang lebih nyaman adalah kereta api. Karena si ular besi ini memiliki jarak antar kaki yang lebih nyaman dan kebebasan bergerak ketika perjalanan berlangsung. Mau makan atau ke toilet pun bisa lebih nyaman, tidak harus menunggu kendaraan berhenti terlebih dahulu.

Namun kembali lagi, pertimbangkan beberapa hal penting di atas sebelum memutuskan akan membeli tiket KAI atau naik bus. Pikirkan dengan masak-masak, agar perjalanan lebih nyaman dan tiba di kota tujuan dengan kondisi tubuh yang bugar.

Tepat dan cermat memilih kendaraan, penting untuk perjalanan yang menyenangkan. Soal pesan tiket KAI atau bus, tidak perlu khawatir. Karena sekarang Anda bisa melakukannya dengan mudah via aplikasi online seperti Traveloka.

Baca Juga  Pengalaman Skripsi yang Tidak Akan Terlupakan Seumur Hidup

Sudah menentukan pilihan? Cari tiketnya sekarang juga!

Leave a Comment