12+ Makanan untuk Menjaga Kesehatan Rahim Serta Meningkatkan Kesuburan

Menjaga Kesehatan Rahim – Sudah menjadi sebuah fitrah bagi seorang wanita memiliki rahim yang harus sangat dijaga kesehatannya karena rahim dan ovarium itulah yang menjadi organ vital sekaligus sistem reproduksi yang sangat penting dalam tubuh wanita.

Rahim adalah organ yang sangat sensitif sehingga banyak sekali kelainan yang akan terjadi jika wanita kurang menjaga kesehatannya. Mulai dari penyakit hingga gangguan gangguan lainnya yang akan berdampak pada kandungan.

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Rahim

menjaga kesehatan rahim
sumber: babycenter.com

Salah satu cara menjaga kesehatan rahim yang bisa dibilang susah-susah-gampang adalah dengan pola makan yang sehat dan teratur. Menjaga pola makan memang susah-susah-gampang karena jika sedang khilaf, bisa jadi semua makanan masuk ke dalam tubuh kita tanpa memikirkan efek yang ditimbulkannya.

Tidak semua makanan yang kita konsumsi itu memiliki kandungan vitamin serta kalsium yang sangat baik untuk kesehatan rahim, maka dari itu kita perlu tahu apa saja makanan yang sangat cocok dan pas dalam menjaga kesehatan rahim serta ovarium.

Hal yang perlu digaris bawahi oleh para wanita adalah harus mulai mengurangi makan fast food serta makanan yang mengandung banyak kolesterol, karena kedua makanan ini secara tidak langsung memiliki efek yang kurang baik pada kesehatan rahim.

Mulailah untuk menjaga serta mengubah pola makan menjadi lebih sehat agar rahim yang dianugrahkan oleh Tuhan tetap sehat dan steril sehingga ketika mengandung anak tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Dibawah ini adalah daftar makanan yang bisa menjadi rekomendasi dalam menjaga kesehatan rahim.

Susu

menjaga kesehatan rahim
sumber: hellosehat.com

Susu merupakan makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan rahim. Agar tidak bosan maka berbagai macam olahan susu ini juga bisa dikonsumsi seperti keju, yogurt dan mentega.

Susu adalah makanan yang tinggi akan kalsisum serta baik untuk menjaga kesehatan tulang karena mengandung vitamin D serta fibroid.

Sayuran Daun Hijau

menjaga kesehatan rahim
sumber: klimg.com

Tahukah kamu bahwa sayuran yang memiliki daun berwarna hijau seperti bayam, sawi, kubis, kangkung dan lainnya sangat membantu untuk menjaga keseimbangan basa dalam rahim. Semua jeni sayuran tersebut memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk rahim.

Baca Juga  Isi Perjanjian Renville Beserta Sejarah, Latar Belakang, Dampak dan Tujuannya

Selain itu juga terkandung asam folat yang berfungsi untuk memastikan rahim serta ovarium siap untuk mengandung bayi sehat.

Ikan

menjaga kesehatan rahim
sumber: brilio.net menjaga

Ikan merupakan makanan yang banyak sekali mengandung lemat omega-3 serta nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan rahim. Ikan yang sangat bagus dalam menjaga kesehatan rahim adalah ikan tenggiri dan ikan salmon.

Ikan tenggiri dan ikan salmon mampu mengurangi produksi prostaglandin yang ada di dalam tubuh wanita. Prostaglandin sendiri merupakan senyawa yang mirip dengan hormon yang bisa mengakibatkan kontraksi hebat di dalam harim.

Makanan Berserat Tinggi

menjaga kesehatan rahim
sumber: ibudanbalita.com

Racun dalam tubuh manusia bisa dihilangkan dengan cukup mengkonsumsi makanan berserat tinggi seperti kacangan-kacangan seperti biji-bijian, sayuran, dan buah. Selain bisa membuang toksin dalam tubuh, makanan kaya serta ini bisa menjaga kesehatan rahim secara optimal.

Sayuran

menjaga kesehatan rahim
sumber: soulofjakarta.com

Apabila kita rutin dalam mengkosumsi sayuran maka dapat memperlambat perkembangan tumor fibroid, sayuran tersebut adalah kacang polong, brokoli dan kol. Selain itu juga sayuran dapat mencegah pertumbuhan tumor di dalam rahim.

Buah-buahan

menjaga kesehatan rahim
sumber: ibu-hamil.id

Buah yang kaya vitamin C dan bioflavonoid bisa membantu memperlambat pertumbuhan fibroid yang ada di dalam rahim. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah setiap hari juga dapat menormalkan kandungan estrogen serta menghambat terjadinya kanker ovarium. Buah juga dipercaya dapat menjaga sistem reproduksi agar tetap sehat.

Teh Hijau

menjaga kesehatan rahim
sumber: hellosehat.com

Seorang wanita yang memiliki masalah pada fibroid maka sangat dianjurkan untuk rutin dalam meminum teh hijau setiap harinya selama kurang lebih delapan minggu untuk mengurangi jumlah sel fibroid.

Fibroid sendiri merupakan sel yang tidak normal di dalam rahim, kandungan yang ada dalam teh hijau bisa menjadi antioksidan dalam tubuh serta bisa menjaga kesehatan rahim.

Minyak Jarak

menjaga kesehatan rahim
sumber: deherba.com

Mengkonsumsi minyak jarak dapat mengobati kista ovarium dan fibroid uterus. Selain itu, kandungan asam riconoleic dalam minyak jarak dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga bisa membuat rahim lebih tahan terhadap infeksi.

Lemon

menjaga kesehatan rahim
sumber: organicfacts.net

Lemon sangat kaya akan vitamin C serta bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin juga membantu meningkatkan kekebalan rahim. Jika hal ini terjadi, rahim akan lebih siap untuk menangkal bakteri, sehingga mencegah infeksi. Konsumsilah segelas air hangat dengan lemon meremasnya setiap hari di pagi hari. Hal ini akan meningkatkan kesehatan rahim.

Makanan Penyubur Kandungan

masa subur wanita
sumber: klimg.com

Anak merupakan hadiah terindah bagi pasangan suami istri, dengan kehadiran anak maka rumah tangga yang dijalani akan semakin harmonis dan semakin indah. Maka tidak heran jika banyak pasangan yang baru menikah ingin langsung memiliki buah hati.

Baca Juga  Manfaat Kurma Muda dan Kurma Ajwa Kesukaan Nabi Muhammad SAW untuk Kesehatan Tubuh

Berbagai macam usaha dilakukan mulai dari program-program kehamilan serta usaha agar sang istri bisa cepat hamil. Namun, tidak semua orang memiliki tingkat kesuburan yang sama, ada orang yang sangat subur ada juga yang perlu bantuan asupan makanan akan dapat meningkatkan kesuburan nya.

Untuk para wanita yang memiliki masa subur wanita, biasanya tingkat kesuburan ini dipengaruhi oleh kualitas dari sel telur serta rahim yang lemah sehingga belum siap untuk dibuahi oleh sel sperma. Pun sebaliknya dengan pria, biasanya kesuburan ini dipengaruhi oleh kualitas sperma yang rendah sehingga tidak bisa membuahi sel telur yang telah matang.

Jangan khawatir bagi pasangan yang memiliki tingkat kesuburan rendah karena dengan olah raga rutin serta pola makan yang baik, maka dengan sendirinya tingkat kesuburan akan semakin meningkat.

Salah satu cara yang paling pas dalam meningkatkan kesuburan dari pasangan suami istri adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menambah kesuburan. Dibawah ini adalah rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin agar hasil yang optimal.

Coklat Hitam

masa subur wanita
sumber: tipsperawatancantik.com

Coklat hitam murni memiliki rasa pahit sangat baik untuk menyuburkan kandungan karena memiliki kandungan asam amino yang sangat tinggi sehingga dapat melindungi sel telur dari kerusakan. Sementara antioksidan bermanfaat untuk mencegah gangguan kesuburan wanita.

Gandum

masa subur wanita
sumber: hellosehat.com

Gandum ialah sumber karbohidrat serta serat tinggi yang tidak hanya bermanfaat untuk program diet, tapi juga bermanfaat untuk menyuburkan kandungan. Gandum utuh dapat diperoleh dari roti gandum, beras merah dan beberapa jenis lainnya.

Asparagus

masa subur wanita
sumber: simplyrecipes.com

Asparagus dapat meningkatkan kesuburan kandungan wanita dan juga kesuburan sel sperma pria. Vitamin dan juga asam amino yang terdapat dalam asparagus sangat baik untuk memperbaiki mood seseorang serta dengan keadaan pikiran yang tenang maka proses kehamilan juga bisa lebih ditingkatkan.

Kacang Almond

masa subur wanita
sumber: hellosehat.com

Kacang almond mengandung banyak nutrisi, antara lain serat pangan, lemak tak jenuh, serta beberapa jenis vitamin B, dan vitamin E. Kacang almond juga memiliki kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, zat besi dan zinc.

Salah satu jenis kacang yang bagus di konsumsi wanita untuk cepat hamil adalah kacang almond dan juga sangat direkomendasikan para ahli gizi. Kandungan vitamin E tinggi serta asam lemak omega 3 yang ada pada kacang almond juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan kandungan.

Biji Rami

masa subur wanita
sumber: hellosehat.com

Dalam biji rami terdapat banyak kandungan asam lemak omega 3 dan juga lignin yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan wanita. Lignin juga berfungsi untuk mengurangi ukuran fibroid.

Baca Juga  Tips, Cara Membuat, dan Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Biji Labu

masa subur wanita
sumber: khasiat.co.id

Biji labu kaya akan nutrisi, dengan kandungan protein, serat pangan dan sejumlah nutrisi mikro yang tinggi. Biji labu juga termasuk ke dalam makanan untuk menyuburkan kandungan karena banyak mengandung nutrisi penting yang diperlukan untuk kesuburan. Kandungan zinc yang terdapat pada biji labu bermanfaat untuk pembelahan sel selama berada dalam tahap embrio.

Kunyit

masa subur wanita
sumber: hellosehat.com

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang sangat baik dikonsumsi apabila seorang wanita ingin menyuburkan kandungan. Dalam kunyit terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan kesuburan.

Tiram

masa subur wanita
sumber: cpcdn.com

Tiram bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk menyuburkan kandungan karena dalam tiram sendiri banyak mengandung seng yang tinggi sehingga membantu pembentukan telur dan meningkatkan kesuburan.

Kubis

masa subur wanita
sumber: cloudfront.net

Kubis atau kol sangat baik untuk menyuburkan kandungan wanita sebab dalam kubis terdapat diindolymethane yang merupakan salah satu zat kimia penting pada proses metabolisme hormon estrogen sehingga dapat mencegah terbentuknya endometriosis serta fibroid.

Fibroid merupakan kondisi dimana terjadi pertumbuhan benjolan pada rahim atau dikenal dengan istilah miom. Sementara endometriosis ialah kondisi dimana jaringan rahim atau endometrium yang posisinya berada di luar rahim.

Brokoli

masa subur wanita
sumber: hellosehat.com

Brokoli ini sangat terkenal sebagai sayuran yang mempunyai banyak manfaat serta diyakini dapat membuat wanita lebih cepat hamil. Brokoli banyak mengandungan asam folat, zat besi dan berbagai nutrisi penting yag berfungsi sebagai penyubur kandungan secara alami. Sedangkan kandungan vitamin C bermanfaat untuk ovarium supaya sel telur bisa dimatangkan serta dibutuhkan dalam proses ovulasi.

Kentang

masa subur wanita
sumber: agrotani.com

Dalam kentang terdapat kandungan vitamin B serta vitamin E yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan pembelahan sel dan membuat sel telur menjadi lebih sehat. Bagi kaum wanita dapat lebih cepat hamil. Sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi kentang jika ingin segera memiliki momongan.

Telur

masa subur wanita
sumber: hellosehat.com

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sering kita jumpai dan sering juga di konsumsi sebagai pengganti daging. Biasanya telur yang sering di konsumsi adalah telur ayam, bebek dan angsa.

Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam telur seperti asam lemak omega 3, asam folat, vitamin D serta kolin. Kandungan nutrisi ini lah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu kandungan agar masa subur lebih baik lagi.

***

Itulah berbagai jenis makanan untuk menjaga kesehatan rahim. Semoga Bermanfaat

Leave a Comment